komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Oktober 2017  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Buku-buku lokal Komputasi Baru :

total : 9 buku  
1. Komputasi Evolusioner: Algoritma Genetik, Pemrograman Genetik, dan Pemrograman Evolusioner
Thomas Sri Widodo, Graha Ilmu
ISBN 978-979-756-789-7 (2012) VIII+104 hal.
  Manusia telah banyak belajar dari sistem alami untuk mengembangkan model algoritma baru untuk mencari solusi suatu permasalahan yang kompleks. Evolusi adalah suatu proses optimisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan organisme (sistem) untuk bertahan hidup di dalam lingkungan yang berubah secara dinamis dan kompetitif. Komputasi evolusioner adalah sistem pencarian solusi permasalahan optimisasi berbasis komputer yang menggunakan model komputasional proses evolusi, seperti seleksi alami, kebertahanan hidup dari yang terkuat, dan reproduksi. Komputasi evolusioner yang merupakan bidang dari inteligensia komputasional mencakup algoritma genetik, pemrograman genetik, dan pemrograman evolusioner. Aplikasi komputasi evolusioner untuk masalah optimisasi adalah sangat luas, antara lain : rekayasa industri, transportasi, jaringan komunikasi, robotika, data mining, bioinformatik, sistem-tenaga, game , teknik kendali, dan pemrosesan sinyal / citra.
2. Dasar-dasar Komputasi Cerdas
Lanny Pandjaitan, Penerbit Andi
ISBN 979-763-604-6 (2007) 180 hal.
3. Soft Computing Membangun Mesin Ber-IQ Tinggi
Suyanto, Penerbit Informatika
ISBN - (2009) 258 hal.
  Soft Computing (SC) merupakan sekumpulan metodologi yang berkembang secara terus-menerus yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan mesin ber-IQ tinggi. Teknik-teknik dasar yang termasuk ke dalam SC adalah Fuzzy Logic, Neuro Computing atau Artificial Neural Networks, Evolutionary Computation, Probabilistic Computing, Chaos Computing, Rough Sets, Multivalued Logic, Immune Network Theory, dan teknik-teknik lain yang serupa. Satu hal yang sangat penting dalam SC adalah antara satu bidang ilmu dengan bidang ilmu lainnya saling melengkapi dan berkontribusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Misalnya, fuzzy systems, yang bisa memberikan penjelasan proses reasoning tetapi tidak dapat learning, bisa digabungkan dengan Neural Network yang bisa learning tetapi tidak bisa memberikan penjelasan proses reasoning­-nya. Penggabungan kedua metode bisa mengambil kelebihan dari kedua metode dan menghilangkan kelemahannya sehingga dihasilkan suatu sistem yang bisa learning sekaligus bisa memberikan penjelasan proses reasoning­-nya. Gabungan dua atau lebih metode dasar SC akan menghasilkan suatu sistem yang lebih baik dan kuat yang disebut hybrid system. Buku ini memfokuskan pembahasan pada tiga teknik dasar SC: Fuzzy Systems, Artificial Neural Networks (ANN) dan Evolutionary Algorithms (EAs). Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari motivasi, model matematis, dan permasalahan yang ada pada setiap teknik dasar tersebut. Selanjutnya, pembahasan lebih menarik terlihat ketika membangun sistem yang menggabungkan teknik-teknik dasar tersebut menjadi hybrid system, yaitu Neuro-fuzzy, Evolving ANN, Evolving Fuzzy Systems dan Fuzzy EAs. Untuk memahami SC secara lebih mendalam dan sebagai latihan, di sini dibahas studi kasus mengenai prediksi dan klasifikasi.
4. Artificial Intelligence
Suyanto, Penerbit Informatika
ISBN - (2009) 268 hal.
  Di dalam Artificial Intelligence (AI) dikenal empat teknik pemecahan masalah, yaitu: Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Dalam setiap teknik tersebut, terdapat banyak metode yang diusulkan dan sudah dibuktikan secara matematis maupun empiris. Penggunaan teknik dan metode tersebut sangat bergantung pada permasalahan yang akan diselesaikan. Mereka yang baru mempelajari AI seringkali merasa kesulitan dalam memilih teknik dan metode yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Buku ini membahas keempat teknik tersebut dan metode-metode yang ada didalamnya. Pembahasan dilakukan melalui ilustrasi dan studi kasus untuk mempermudah pemahaman dan memperjelas perbedaan diantara keempat teknik tersebut. Pembahasan setiap teknik dan metode akan dilakukan secara global, dari ide dan teori dasarnya, sampai detail ke implementasinya. Diharapkan buku ini tidak hanya untuk kalangan mahasiswa Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer saja, tetapi juga untuk kalangan pelajar maupun profesional. Buku ini disusun dalam tujuh bab. Bab pertama membahas definisi AI, sejarah AI, kondisi AI saat ini dan pada masa yang akan datang. Bab dua sampai bab lima, secara berturut-turut, membahas Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Pada lima bab pertama, diberikan kesimpulan dan latihan soal untuk masing-masing bab. Bab keenam membahas studi kasus mengenai empat aplikasi AI yang saat ini sudah banyak digunakan di dunia nyata, yaitu Mobile Navigation System, Electronic Medical Record, Elevator Control System, dan Email Spam Filtering. Pada bab ini juga dijelaskan bagaimana memilih dan mengaplikasikan teknik-teknik dasar AI tersebut untuk membangun masing-masing sistem. Sedangkan bab ketujuh berisi ringkasan dari keenam bab sebelumnya. Bagi pembaca yang baru mempelajari AI, disarankan untuk membaca buku ini secara berurutan dari bab satu sampai bab lima agar bisa melihat secara jelas konsep dan perbedaan keempat teknik tersebut. Setelah itu bisa dilanjutkan ke bab enam dan tujuh. Pembaca yang sudah pernah mempelajari AI bisa membaca buku ini secara acak pada bab yang dibutuhkan.
5. Evolutionary Computation - Komputasi berbasis evolusi dan genetika
Suyanto, Informatika
ISBN 979-1153-38-6 (2008) 246 hal.
  Evolutionary Computation (EC) merupakan suatu abstraksi yang mengadopsi “evolusi” dan “genetika” yang disederhanakan. Dari abstraksi tersebut, lahirlah berbagai algoritma berbasis EC yang dikenal sebagai Evolutionary Algorithms (EAs). Sejak diperkenalkan pada tahun 1960-an, EAs terus diteliti dan dikembangkan hingga saat ini. Yang menarik pada EAs adalah “Hanya dengan menggunakan proses-proses yang sebagian besar dilakukan secara acak, EAs bisa menghasilkan solusi yang “bagus” (mungkin saja solusi terbaik) dengan kecepatan yang dapat diterima”.
6. Teori Bahasa dan Otomata
Firrar Utdirartatmo, Graha Ilmu
ISBN 979-9398-06-1 (2003) xii + 228 hal.
  Teori bahasa otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer. Beberapa teori komputasi datang dari bahasa dan rekayasa sistem, tapi kebanyakan dari matematika. Di sini penekanannya lebih pada pemecahan masalah. Mahasiswa bisa belajar terutama melalui contoh contoh ilustrasi yang menunjukkan latar belakang dari suatu konsep dan hubungannya dengan definisi dan teorema yang ada. Latihan-latihan yang ada pada setiap bab akan mempercepat proses belajar dan disusun dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Beberapa latihan cukup sederhana, ada yang cukup sulit dan menantang pemikiran yang lebih mendalam. Buku ini memiliki beberapa bagian utama. Bab I akan memberikan gambaran umum mengenai kontribusi teori bahasa dan otomata, serta motivasi mempelajarinya. disini akan dijelaskan hierarki yang penting mengenai bahasa dan Chomsky. Matematika pendahuluan akan disampaikan secara sekilas meiliputi teori himpunan, relasi dan fungsi, induksi, serta graph dan tree. Bagian kedua meliputi reguler yang disajikan pada bab II sampai dengan bab VII. Pada bab II akan dijelaskan mengenai otomata dari bahasa regular, yaitu finite state otomata. Bab II dan bab IV akan menjelaskan korelasi antar finite state otomata, baik yang deterministik, non deterministik maupun dengan transisi. Ekpresi regular dibahas pada bab V. Bab VI menernagkan hubungan aturan produksi pada tata bahasa reguler dengan finite state otomata. Mesin Moore dan mesin Mealy yang merupakan modifikasi dari finite state otomata diuraikan pada bab VII. Bagian ketiga merupakan pembahasan dari bahasa bebas konteks. Pohon penurunan diulas pada bab VIII. Transformasi bentuk-bentuk aturan produksi pada bahasa bebas kontek dibahas pada bab IX sampai bab XII, yang berturut-turut meliputi penyederhanaan, bentuk normal Chomsky, penghilangan rekursif kiri, dan bentuk normal Greibach. Push down otomata merupakan otomata dari bahasa bebas konteks yang diulas pada bab XIII. Bagian terakhir membicarakan mengenai mesin turing, pada bab XIV, dan kompleksitas komputasi, pada bab XV.
7. Desain sistem tenaga modern, optimisasi, logika fruzzy dan algoritma genetika
Imam Robandi, Penerbit Andi
ISBN 979-763-368-3 (2007) 434 hal.
  Optimal control, Fuzzy Logic Control (FLC), dan Genetic Algorithm (GA) adalah kontrol-kontrol cerdas yang telah banyak digunakan oleh para insiyur listrik untuk memperbaiki performansi sistem kelistrikan. Optimal Control dapat menekan error sampai ke derajat yang sangat rendah, FLC dapat mengontrol plant dengan struktur yang sangat sederhana dan hasil yang efektif, dan GA dapat dijamin konvergensinya. Aplikasi kontrol cerdas itu masih relatif baru dalam bidang tenaga listrik. Oleh sebab itu,buku ini mengupas secara rinci dengan berbagai contoh aplikasi yang disertai referensi yang relatif sangat baru (mutakhir), dimulai dari pengaturan pembangkitan, pengaturan peralatan penyaluran daya (misal: FACTS), dan peralatan penunjang yang lain. Buku ini sangat praktis dipakai sebagai buku pegangan bagi para mahasiswa juruan teknik elektro, khususnya mereka yang sedang menempuh semester 8. Untuk memahami materi buku ini, para mahasiswa Program Sarjana disarankan harus sudah menempuh mata kuliah analisis sistem tenaga di semester 6 dan 7. Di samping itu, mata kuliah rekayasa sistem kontrol di semester 5 juga harus sudah dikuasai dengan baik. Bagi para peneliti,para indusriawan, dan mahasiswa Program Master dan Program Doktor, buku ini dapat digunakan sebagai pegangan untuk membantu dalam membahas masalah sistem ketenagalistrikan, terutama pada saat persiapan untuk mencari topik penelitian tugas akhirnya (tesis atau disertasi).
8. Teori Bahasa dan Otomata
John E. Hopcroft, Rajeev Motwani, Jeffrey D. Ullman , Penerbit Andi
ISBN 979-763-835-9 (2007) 608 hal.
  Lebih dari 30 tahun yang lalu, John Hopcroft dan Jeffrey Ullman pertama kali menerbitkan sebuah buku klasik yang membahas bahasa-bahasa formal, teori otomata, dan kompleksitas komputasionalnya.
9. Kecerdasan Buatan
Andri Kristanto, Universitas Widya Dharma
ISBN - (2005) - hal.

halaman :   1  

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI