• PESAN DAN TANGGAPAN :

    Mirror Spires dan PDG di Indonesia telah dibuka...
    Oleh : L.T. Handoko
    Minggu, 9 April 2006 (09:23 WIB) dari IP 202.153.239.36

    Kami informasikan bahwa mirror resmi SLAC Spires dan Particle Data Group sudah dibuka di Indonesia dan diapproved oleh SLAC dan LBL.

    Bisa diakses di :
    SLAC Spires : http://www.spires.lipi.go.id
    PDG : http://www.pdg.lipi.go.id

    Informasi mengenai mirror database ilmiah utama bisa dilihat di http://www.arsip.lipi.go.id. Ini merupakan salah satu bentuk usaha riil kecil untuk meningkatkan infrastruktur dan "image" ilmiah secara global, meski secara lokal mungkin kurang sekali yang memahami pentingnya...;-).Minimal dengan ini komunitas ilmiah global mengetahui bahwa ada komunitas terkait di Indonesia karena link mirror resmi dicantumkan di halaman depan database. Tinggal sekarang bagaimana kita semua memanfaatkan dan melakukan kiprah riil...

    Perlu diketahui proses mirroring ini sama sekali tidak mudah dan sudah dimulai sejak awal 2005. Semua ini bisa direalisasi atas bantuan para negosiator dan rekan-2 kita di LN, khususnya Romulus Godang dan Suharyo. Juga para pakar TI fisika, khususnya Arief di UI.

    Target berikutnya yang sudah bisa kita mirror (tinggal aksi teknis dari tim) adalah Protein Data Bank (PDB) dan database ADS/NASA.

    Salam,
    --
    L.T. Handoko


  • komput@si (ISSN 2086-5317) http://www.komputasi.lipi.go.id

    revisi terakhir : 9 April 2006