komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Rabu, 25 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Forum informasi berita :

berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Undangan mengikuti APICTA 2004
    Oleh : Aspiluki
    Sabtu, 4 September 2004 (05:38 WIB) dari IP 202.153.239.239

    RINGKASAN EKSEKUTIF


    APICTA (Asia Pacific ICT Award) Indonesia merupakan kompetisi peranti lunak (software) tahunan yang diselenggarakan ASPILUKI (Asosiasi Peranti Lunak Telematika Indonesia) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi R.I, Kementerian Riset dan Teknologi R.I, Departemen Perindustrian dan Perdagangan R.I. dalam upaya memacu kreatifitas pengembang peranti lunak untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan mempunyai daya jual tinggi dengan menggunakan teknologi terkini serta mengukur kemampuan pembuat peranti lunak Indonesia dibanding negara-negara lain. Dan juga mempromosikan Indonesia sebagai penghasil peranti lunak yang berkualitas dan memiliki SDM yang potensial di bidang ini.

    Penyelenggaraan APICTA Internasional

    Penyelenggaraan APICTA Internasional telah berlangsung tiga (3) kali. Tahun 2001 dan 2002 di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2003 di Bangkok, Thailand, sedangkan untuk tahun 2004 diselenggarakan di Hong Kong tanggal 6-8 Desember 2004, yang akan diikuti oleh lebih dari 15 Negara diantaranya: Indonesia, Malaysia, Australia, Hong Kong, Singapore, Sri Lanka, Vietnam, Korea Selatan, Philippine, Thailand, Brunei, China, Macau, India dan Jepang.

    Berdasarkan keputusan Executive Committee Meeting di Bangkok, Thailand tanggal 8 Desember 2004, Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi Tuan Rumah APICTA Internasional tahun 2005 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan September 2005, direncanakan bersamaan dengan Konferensi Modal Ventura (Venture Capital) se-Asia Pasifik.


    Prestasi Delegasi Indonesia pada APICTA Internasional

    Dari ajang Kompetisi APICTA 2003 di Bangkok, Indonesia mendapatkan 1 (satu) Merit Award untuk kategori Tertiary Student Project yang diraih oleh Gladhi Guardin dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dengan Aplikasi berjudul "JX2Home: A Peer to Peer Approach to the Global Smart Home Network".

    Pada APICTA 2002 di Kuala Lumpur, Malaysia, delegasi Indonesia berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori Best of Research & Development (Winner) yang diraih oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan 2 buah penghargaan Merit Award (pemenang dengan selisih nilai <5ibawah Winner) dalam kategori Best og Tourism, yaitu PT. Realta Cakradarma dan Best of Industrial Application yaitu PT. Patra Nusa Data.

    Sedangkan pada APICTA 2001 meraih 2 penghargaan Merit Award dalam kategori Best of Industrial Application yaitu PT. Sigma Cipta Caraka & Best of Tourism oleh PT. Realta Cakradarama.



    APICTA Indonesia 2004

    Untuk kegiatan APICTA tahun 2004 diawali dengan publikasi melalui brosur, milist dan iklan hasil kerja sama dengan PC plus, Infokomputer dan media lainnya.


    Peserta Karya Peranti Lunak APICTA

    1. Perusahaan Pengembang Peranti Lunak (software)
    2. Individu Pengembang Peranti Lunak (software)
    3. Mahasiswa/Universitas/Institut/Lembaga Riset
    4. Pelajar
    5. Umum


    Agenda APICTA Indonesia 2004

    Pelaksanaan APICTA Indonesia:
    1. Pendaftaran dimulai tanggal 30 Juni 2004.
    2. Penutupan pendaftaran tanggal 13 September 2004.
    3. Pengumuman peserta yang lolos pra seleksi tanggal 20 September 2004.
    4. Eksposisi dan Penjurian APICTA Indonesia bersamaan dengan pameran INDOCOMTECH di Jakarta Convention Centre (JCC) tanggal 6-9 Oktober 2004.
    5. Pengumuman pemenang tanggal 10 Oktober 2004.
    6. Pemberian Anugerah APICTA pada malam puncak Indonesia ICT Award (sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi R.I.) sekaligus merupakan pengumuman Karya Cipta yang mewakili Indonesia ke APICTA Internasional di Hong Kong 6-8 Desember 2004.


    Syarat dan Proses Pendaftaran

    a. Peserta yang berminat mengikuti kompetisi APICTA Indonesia diwajibkan untuk membuat resume karya sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Komite APICTA Indonesia. Format Resume dan petunjuk pengisian dapat diperoleh dengan mengambil berkas elektronis pada website www.aspiluki.or.id atau dengan mengajukan permintaan melalui eMail ke apicta@telkom.net.
    b. Pendaftaran dilakukan dengan mengirim Resume Karya Cipta ke apicta@telkom.net selambat-lambatnya tanggal 13 September 2004.
    c. Berdasarkan Resume, Dewan Juri APICTA Indonesia akan melakukan pra seleksi, yang akan diumumkan pada tanggal 20 September 2004.
    d. Mereka yang lolos pra seleksi, di-wajib-kan untuk mengikuti eksposisi publik dan penjurian pada saat INDOCOMTECH tanggal 6-9 Oktober 2004 di Jakarta Convention Centre (JCC). Untuk mengikuti eksposisi dan penjurian, setiap peserta dikenakan biaya eksposisi sesuai dengan ketentuan panitia APICTA Indonesia 2004.
    e. Peserta yang memperoleh Anugerah APICTA Indonesia 2004 akan diseleksi oleh Dewan Juri, guna menentukan Karya Cipta yang berhak mewakili Indonesia pada Kompetisi APICTA International di Hong Kong 6-8 Desember 2004.
    f. Kegiatan bimbingan yang intensif akan dilakukan oleh Komite APICTA Indonesia guna mengikuti kompetisi pada APICTA Internasional 2004.


    Kategori Karya Peranti Lunak yang dikompetisikan

    1. E-Government and Services
    2. Education and Training
    3. Secondary Student Project
    4. Tertiary Student Project
    5. Applications and Infrastructure Tools
    6. Research and Development
    7. General Applications
    8. Financial Applications
    9. Healthcare
    10. Industrial Applications
    11. Communications
    12. Media and Entertainment
    13. Tourism and Hospitality
    14. Security


    Dewan juri APICTA Indonesia:

    Dewan juri APICTA Indonesia berasal dari berbagai macam latar belakang baik dari dunia usaha, akademisi, wakil masyarakat maupun pemerintah yang mempunyai kompetensi dibidang ICT disertai dengan integritas dan kredibilitas yang tidak diragukan sehingga menjamin penilaian kompetisi akan berlangsung jujur dan adil.

    Manfaat APICTA 2004

    Peserta yang lolos seleksi awal APICTA Indonesia mendapat kesempatan memperlihatkan hasil karyanya di depan masyarakat dan dewan juri pada saat pameran INDOCOMTECH yang bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC) tanggal 6-9 Oktober 2004 yang dihadiri oleh pengusaha, pejabat pemerintah dengan liputan luas dari media massa.
    Pemenang APICTA Indonesia berhak mengikuti Kompetisi Tingkat Asia Pasifik (sesuai dengan ketentuan panitia nasional APICTA Indonesia 2004).
    Pemenang APICTA individual/UKM berpeluang mendapatkan Bapak Angkat dari perusahaan software terkemuka di Indonesia.
    Pemenang APICTA berpeluang mendapatkan Modal Ventura dari lembaga keuangan ventura terkemuka di Indonesia.
    Pemenang APICTA berpeluang mendapatkan mitra bisnis baik dari dalam negeri maupun luar negeri.


    Re: Undangan mengikuti APICTA 2004
    Oleh : Gueeee
    Jumat, 31 Desember 2004 (10:20 WIB) dari IP 202.155.112.106

    gue minta maemannya aja ya


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 1 Maret 2004 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI