komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Minggu, 17 Desember 2017  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Chiral Silikon dan Komputasi dengan Sinar
-

Ahli rekayasa dan fisika menemukan suatu properti pada silikon yang dapat membantu pengembangan komputer-komputer yang lebih cepat.

Saat ini, kabel baja mengalirkan informasi dalam komputer, proses yang melambat saat kabel baja semakin panas. Komputasi photonik dan spintonik merupakan prinsip mengirimkan informasi oleh cahaya atau putaran elektron.

Properti baru silikon mengindikasikan detektor cahaya berbasis silikon dapat mengidentifikasi spin atau putaran, sehingga lebih banyak informasi yang dapat dikirimkan.

Silikon adalah kristal yang sangat simetris, tetapi dengan mengubah geometrinya, tim ilmuwan dapat mengetahui properti chiral pada silikon.

Adanya chiral mengindikasikan detektor berbasis silikon dapat mendeteksi putaran elektron dan cahaya, sehingga memungkinkan lebih banyak informasi dialirkan.

Properti pada silikon tersebut biasanya ditemukan pada material dengan kandungan elemen berat yang sulit diintegrasikan ke dalam sistem komputasi yang ada yang sebagian besar terdiri dari silikon.

Sumber : 100.4FM KLCBS, 13 Agustus 2015

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 7 September 2015

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI