komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Minggu, 17 Desember 2017  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Pelopor Komputasi Perancangan Material Berikan Kuliah Umum Di Kampus Tegalboto
iim

Dalam paparannya, pria yang menghabiskan masa sekolah dari SD sampai SMA di Jember ini menjelaskan bahwa CMD memang kajian yang relatif baru, namun keberadaannya sangat dibutuhkan dalam kehidupan saat ini. Peraih gelar Ph.D dari Ohio State University Amerika Serikat kemudian memberikan contoh pesawat terbang yang pada saat di landasan bersuhu 30 derajat celcius, namun semenit kemudian sudah mengangkasa di ketinggian tiga kilometer dimana suhunya minus 40 derajat celsius. “Bisa dibayangkan perubahan suhu yang terjadi dalam sekejap saja. Maka tentu saja materi yang digunakan untuk kerangka pesawat harus dibuat sedemikian rupa agar kuat,” jelasnya.

Dengan CMD, kita bisa memodelkan materi yang akan dibuat sehingga mendapatkan materi yang sesuai dengan kebutuhan. Dekan FTI yang akrab disapa Pak Hermawan ini kemudian memberikan contoh produk kaca anti debu yang dipakai di gedung-gedung tinggi sehingga tidak perlu dibersihkan yang merupakan hasil kajian melalui CMD. “Bukan tidak mungkin nanti akan ditemukan materi yang bisa menolak cahaya sehingga jubah ala Harry Potter yang bisa membuat pemakainya tidak terlihat menjadi kenyataan,” katanya lagi.

Kuliah umum kali ini mendapatkan tanggapan yang positif dari mahasiswa FMIPA dan Teknik Universitas Jember, ruang pertemuan di lantai III gedung rektorat tidak dapat menampung seluruh hadirin yang datang. Sebelum memberikan kuliah umum, Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D juga tampil sebagai pembicara dalam acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Universitas Jember di Gedung Soetardjo hari Senin lalu (12/9). (iim)

Sumber : UNEJ, 12 September 2012

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 16 Agustus 2014

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI