komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Oktober 2017  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Komputasi Berkinerja Tinggi
Faisal Chaniago

Perkembangan teknologi informasi dan komputer semakin memudahkan manusia dalam bekerja. Itulah yang menjadi dasar para ilmuwan IT terus melakukan pembaharuan dalam komputer dan informatika, di antaranya menyediakan fasilitas komputasi berkinerja tinggi.

Melihat pola kerja manusia modern sekarang, beban kerja mereka semakin berat. Jika tidak dibantu sebuah alat yang canggih, bisa merepotkan manusia itu sendiri. Pasalnya, pekerjaan tak kunjung selesai, sementara pekerjaan lain sudah menunggu.

"Berangkat dari persoalan tersebut lahirlah komputasi berkinerja tinggi. Dengan harapan, program ini mampu membantu manusia menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang telah ditentukan hingga tidak ada lagi kata terlambat," terang peneliti dari Puslit Informatika peneliti Puslit Informatika (LIPI), Rizal F, di sela-sela acara IC3INA (International Conference on Computer, Control, Informatics, and its Applications) 2013 di Jakarta, Senin (18/11). Rizal menerangkan LIPI telah melakukan penelitian berbagai aplikasi, termasuk komputasi berkinerja tinggi untuk memudahkan kerja para ilmuwan. Fasilitas komputasi berkinerja tinggi dapat menunjang berbagai bidang penelitian seperti bioinformatika, DNA molekuler, dan pengujian obat baru.

Masih kata Rizal, keuntungan lain menggunakan komputasi berkinerja tinggi, di antaranya efisiensi biaya dan waktu. Tanpa harus mengluarkan biaya besar, data dapat dimasukkan dan disimpan dalam jumlah banyak serta cepat. Mekanisme kerja seperti itu sangat dibutuhkan para ilmuwan.

Rizal menjelaskan untuk mempersingkat waktu selama mengumpulkan dan mengolah data, kata Rizal, ada dua langkah yang dilakukan komputasi berkinerja tinggi. Pertama, membuat prosesor yang lebih cepat dan kedua, melakukan kalkulasi secara paralel dengan banyak prosesor.

Adapun untuk mempercepat kerja prosesor, jalur elektronik harus diperkecil agar sinyal mengalir makin pendek dan arus makin kecil. Dengan demikian, harapan mempercepat komputasi cara paralel terbuka lebar.

"Dasar paradigma tersebut algoritma program harus dipecah menjadi beberapa lajur yang bisa dikerjakan secara bersamaan. Masing-masing lajur akan dikerjakan oleh satu prosesor dan nanti hasil akhirnya dikumpulkan kembali," jelas Rizal.

Menurut Rizal, sekarang sudah banyak perusahaan komputer dan telekomunikasi mengeluarkan produk komputasi berkinerja tinggi, salah satunya Fujitsu dengan perangkat bernama kluster server PRIMERGY x86 dan Symmetric Processing (SMP) kelas atas dalam lingkungan komputasi berkinerja tinggi.

Kluster komputasi berkinerja tinggi berbasis x86 akan memperkuat rangkaian solusi server. Solusi itu memungkinkan para ilmuwan mendapatkan terobosan inovasi tanpa memerlukan keahlian khusus memasang dan mengoperasikan platform HPC yang kompleks.

Analisis "Big Data"

Komputasi berkinerja tinggi ini juga digunakan banyak perusahaan sebagai media analisis big data. Big data adalah kumpulan data yang bertebaran di dunia maya, mulai dari teks, gambar, audio, hingga video. Sekarang ini kumpulan data tersebut ada di dalam media sosial.

Perusahaan menggunakan media sosial sebagai alat untuk mengembangkan bisnis. Itu karena pengguna media sosial mencapai jutaan manusia. "Perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan atau konsultan banyak menggunakan big data sebagai media analisis," kata peneliti Puslit Informatika LIPI, Ana Hadian.

Menurut Ana, alat atau teknologi yang bisa mengolah big data adalah komputasi berkinerja tinggi. Pasalnya, jumlah data yang sampai ratusan jutaan atau lebih tidak bisa diolah dengan menggunakan komputasi biasa. Di negara maju, komputasi berkinerja tinggi bukan hal baru sebab mereka sering menggunakan analisis big data dalam membahas sebuah masalah atau kajian.

"Kajian seperti itu sekarang sedang berkembang pesat di Indonesia. Sebagai negara berkembang dan menuju maju, Indonesia banyak melakukan kegiatan yang melibatan banyak unsur atau pekerjaan bervolume tinggi, kehadiran komputasi berkinerja tinggi sangat membantu," urai Ana.

Komputasi "Mobile"

Selain komputasi berkinerja tinggi, menurut Ana, di tengah perkembangan gadget, sedang berkembang pesat komputasi mobile, yaitu interaksi manusia dengan komputer, di mana sebuah komputer diharapkan akan diangkut selama penggunaan normal. Komputasi mobile melibatkan komunikasi mobile, hardware ponsel, dan perangkat lunak yang terdapat dalam mobile.

Komunikasi mobile antara lain jaringan infrastruktur, properti komunikasi, protokol, dan format data. Hardware meliputi perangkat mobile atau komponen perangkat. Mobile software berkaitan dengan karakteristik dan persyaratan aplikasi mobile. Beberapa contoh dari komputasi mobile adalah smartphone, tablet PC, Ultra Mobile PC, Palm, dan Wearable PC.

"Harus kita akui bahwa pengguna smartphone dan tablet PC di negeri kita sangat banyak. Masyarakat kita senang menggunakan telepon berteknologi tinggi, selain buat pekerjaan juga berfungsi untuk gaya hidup," terang Ana.

Sumber : Koran Jakarta, 1 Desember 2013

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 8 Maret 2014

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI