komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Penggunaan Komputasi DNA pada Sel Hidup
Arli Aditya Parikesit

Kimiawan dari North Carolina State University telah melakukan operasi logic-gate berbasis DNA pada sel manusia. Riset ini dapat membuka jalan untuk melakukan komputasi yang lebih rumit pada sel hidup, seperti menemukan metode deteksi penyakit dan penyembuhannya.

Logic gates adalah operasi komputasi yang mengkombinasikan berbagai set instruksi dalam berbagai cara, yang akhirnya membuat komputer mampu melakukan operasi seperti pengurangan dan penambahan. Pada komputasi DNA, operasi ini dilakukan oleh kombinasi strand DNA yang berbeda, bukan oleh transistor. Namun, sejauh ini komputasi DNA hanya dilakukan di tabung reaksi, bukan pada sel hidup.

Kimiawan NC state Alex Deiters dan mahasiswa S3 James Hemphill ingin mengkaji apakah logic gate berbasis DNA dapat mendeteksi kehadiran dari microRNA spesifik pada sel manusia. Peneliti tersebut menggunakan logic gate DNA yang diketahui sebagai ‘AND’ gate/gerbang yang direkayasa untuk merespon kehadiran dari dua microRNA spesifik, yang diketahui sebagai miRNA-21 dan miRNA-122.

Sama seperti operasi komputer yang menggunakan berbagai input untuk menciptakan output tertentu, logic gate Boolean berbasis-DNA hanya diaktivasi ketika kedua input miRNA-21 dan miRNA-122 hadir pada sel. Ketika mereka hadir, gerbang tersebut akan menghasilkan ‘output’ dengan melepaskan molekul flourescent.

Deiter percaya, bahwa penggunaan logic gates tersebut akan membantu pengembangan diagnostik dan penanganan penyakit manusia, terutama kanker.

‘Molekul flourescent yang kami gunakan pada desain logic gate dapat berguna sebagai marker yang mengidentifikasi sel kanker, atau kita dapat mentautkan agen terapetik yang dilepaskan untuk mengobati penyakit itu’, demikian kata Deiter.

Hasil penelitian mereka telah dipulikasi pada Journal of the American Chemical Society. Penelitian ini telah didanai oleh hibah dari American Chemical Society dan American Cancer Society.

Sumber : netsains, 15 Agustus 2013

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 1 September 2013

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI