komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Selamat Jalan John McCarthy, Pencipta Bahasa Pemrograman Lisp
Tenni Purwanti | Tri Wahono

John McCarthy, kreator LISP, salah satu bahasa pemrograman komputer, tutup usia pada Senin (24/10/2011) malam. Informasi kematian John diperoleh dari puterinya secara tidak resmi dan kemudian dipublikasikan oleh Stanford University.

John merupakan saintis yang memenangkan banyak penghargaan, diantaranya Turing Award dari Association of Computing Machinery (1971), Kyoto Prize (1988), National Medal of Science (Amerika Serikat, 1991), dan Benjamin Franklin Medal dari Franklin Institute (2003).

John dilahirkan di Boston, 4 September 1927. Ia mendalami matematika sejak remaja, menggunakan buku-buku yang dipakai oleh California Insitute of Technology. Dua tahun kemudian setelah ia diterima sebagai mahasiwa, ia berhasil melewati masa-masa kuliahnya dengan cepat. John terus melanjutkan kuliah dan menerima gelar PhD dalam bidang matematika dari Universitas Princeton tahun 1951. Ia menikah dengan Vera Watson, programmer dan pendaki gunung yang meninggal pada tahun 1978.

John menjadi professor penuh di Stanford University pada tahun 1962 dan pensiun pada akhir tahun 2000. John melakukan penelitian seputar logika matematika dan kecerdasan buatan. Tahun 1958 ia memulai mengerjakan logic programming. Tahun 1959 ia mengembangkan bahasa pemrograman LISP yang kemudian menjadi bahasa pemrograman pilihan untuk aplikasi Al setelah dipublikasikan pada 1960. John juga yang memotivasi pembuatan MAC di MIT, dan tahun 1962 ia mendirikan laboratorium Stanford Al untuk mendukung proyek MAC.

LISP adalah keluarga bahasa pemrograman komputer yang terkemuka. Keunggulan LISP terletak pada kemampuannya memanipulasi simbol dan hubungan antarsimbol dengan mudah sehingga bahasa ini cocok digunakan di bidang Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan pengambilan keputusan. Walaupun begitu, bahasa ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah lainnya.

Selama perkembangannya, LISP menghasilkan banyak varian dan merupakan cikal bakal berbagai bahasa lainnya (misalnya Logo dan Smalltalk). Pada 8 Desember 1994 ANSI (American National Standard Institute) berhasil menstandarisasi LISP, yang diberi nama Common LISP ANSI.

LISP jauh berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman seperti Pascal dan C. Setelah banyak menggunakan LISP, programmer akan bisa melihat atau menganalisa suatu masalah dari sudut pandang yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan.

Sumber : Kompas, 26 Oktober 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 27 Oktober 2011

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI