komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Anti Laser Membuka Jalan untuk Komputasi Optik
-

Para ilmuwan Universitas Yale telah membangun anti laser pertama yang bernama Coherent Perfect Absorber (CPA), sebuah perangkat yang bisa membatalkan berkas cahaya yang dihasilkan oleh laser. Alat tersebut bisa menjadi unsur integral dalam komputer optik, sementara para ilmuwan telah lama mengetahui beberapa cara yang berbeda untuk menyerap cahaya, namun karya ini benar-benar unik karena dapat menyerap cahaya-cahaya tertentu.

"Setelah melakukan beberapa penelitian, kami menemukan bahwa beberapa fisikawan telah mengisyaratkan di konsep dalam buku-buku dan karya ilmiah, tapi tak seorang pun pernah mengembangkan ide itu," kata A. Douglas Stone fisikawan Universitas Yale, yang bersama dengan peneliti Cao Hui yang memimpin sebuah tim peneliti untuk membangun anti-laser. Perangkat tersebut didasarkan pada karya teoritis Batu yang diterbitkan waktu musim panas lalu. Ringkasan pekerjaan mereka muncul dalam edisi 18 Februari Science.

Para peneliti membangun Coherent Perfect Absorber (CPA), perangkap yang dapat menghilangkan cahaya Coherent yang datang dari gelombang yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, seperti laser menghasilkan cahaya Coherent, CPA akan menyerap cahaya yang memiliki energi cahaya yang panas.

Seperti saklar anti laser bisa membantu memecahkan salah satu tantangan terberat dalam membangun komputer optik, yaitu manajemen dan manipulasi dari cahaya yang digunakan untuk mengkodekan informasi. Misalnya, CPA dapat digunakan dalam sebuah saklar optik, yang akan menyerap cahaya panjang atau gelombang tertentu. Hal ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi cahaya yang masuk.

Optical komputer mungkin bisa jauh lebih kuat dari pada komputer saat ini, mengingat bahwa ukuran komponen bisa menyusut di luar batas teknologi. Seperti prototipe apapun, CPA memiliki beberapa keterbatasan, tetapi para peneliti merasa dapat mengatasinya. CPA saat ini menyerap 99,4 dari semua cahaya yang diterimanya, tetapi mereka ingin menjadikan sampai 99,999%.

Sumber : Blog Amcied Logica, 21 Februari 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 26 Februari 2011

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI