komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Presiden Obama Menganugerahi Piagam National Medal of Technology and Innovation bagi Superkomputer Blue Gene dari IBM
-

Presiden Obama menganugerahi IBM (NYSE: IBM) dan jajaran superkomputer Blue Gene miliknya dengan National Medal of Technology and Innovation, penghargaan tertinggi di AS untuk para inovator atas keberhasilan memajukan teknologi.

Presiden Obama sendiri yang akan menyerahkan penghargaan tersebut dalam sebuah upacara khusus di Gedung Putih pada tanggal 7 Oktober. IBM, yang sebelumnya telah menerima tujuh National Medal of Technology and Innovation, adalah perusahaan satu-satunya yang menerima penghargaan tersebut tahun ini.

Kecepatan dan kemampuan Blue Gene memungkinkan berbagai organisasi dan sains untuk mengatasi berbagai masalah yang rumit dan membuat keputusan lebih terinformasi – tidak saja di bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga di bidang astronomi, iklim, simulasi, pembuatan model dan banyak bidang lainnya. Blue Gene membantu memetakan genome manusia, membantu riset terapi medis, melindungi persenjataan nuklir, mensimulasikan pembusukan radioaktif, mereplikasikan daya otak, menerbangkan pesawat, menemukan pengobatan untuk mengatasi penyakit tumor, memprediksikan tren iklim, dan mengidentifikasikan bahan bakar fosil – semua ini dilakukan dengan biaya dan waktu yang lebih kecil dari pada jika pekerjaan-pekerjaan ini dilakukan secara fisik.

Sistem ini juga mencerminkan terobosan baru di bidang penghematan energi. Blue Gene membantu IBM memangkas ruang dan energi yang diperlukan sebuah sistem komputasi yang kecepatan pemrosesannya membutuhkan sebuah pembangkit listrik yang dapat memenuhi kebutuhan listrik ribuan rumah.

Pengaruh model komputasi dan desain superkomputer Blue Gene yang hemat energi sangat kentara di industri Teknologi Informasi. Saat ini, 18 dari 20 superkomputer yang paling hemat energi dibangun berdasarkan teknologi komputasi IBM yang beperforma tinggi, menurut Daftar Supercomputing ‘Green500 List’ terkini yang diumumkan oleh Green500.org pada bulan Juli 2009.

Sumber : CHIP, 28 September 2009

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 3 Oktober 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI