komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Super Komputer IBM Kembali Pecahkan Rekor
ipm

Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata "Super Komputer"? Pastinya sebuah komputer dengan sistem hebat, bahkan juga memiliki ukuran yang terbilang besar. Jika jawaban Anda "Ya", berarti perkiraan Anda tidak meleset.

Baru-baru ini IBM membuat sebuah super komputer yang dirancang untuk keperluan militer A.S. Mesin tersebut kabarnya telah menembus batas kalkulasi petaflop (1 petaflop=1000 triliun kalkulasi perdetik). Kondisi tersebut tentu semakin memantapkan keberadaan dirinya sebagai mesin paling gesit di jagat ini.

Mesin canggih yang bernama Roadrunner ini dapat melakukan proses kalkulasi sebanyak 1.026 quadrilliun per detik. Jumlah tersebut dua kali lebih besar dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh IBM BlueGene/L. Kekuatan pada Roadrunner terletak pada dukungan prosesor sebanyak 116.640 buah. Sebanyak 12.960 prosesor diantaranya merupakan modifikasi prosesor sel pararel yang awalnya didesain untuk PlayStation 3. Perlu diketahui Roadrunner mengandalkan prosesor AMD Opteron.

IBM menciptakan Roadrunner dengan mengeluarkan dana sekitar $133 juta. Kalangan ilmuwan juga berharap pada mesin ini agar nantinya dapat digunakan untuk membuat simulasi perubahan iklim. Semoga saja harapan tersebut dapat segera terealisasi sebelum pada akhirnya Super Komputer ini disembunyikan dalam bunker militer dan benar-benar diaplikasikan untuk keperluan militer saja.

Sumber : Info Komputer (10 Juni 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 5 Juli 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI