komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Sony PS3 bisa membantu sembuhkan kanker, serius nih?
Nur Lenny

Kalau yang dimaksud dengan kanker disini adalah penyakit kantong kering, jelas Playstation 3 tidak akan mampu menyembuhkannya (malah lebih parah jadinya). Tetapi kanker yang dimaksud disini adalah penyakit kanker yang merupakan sebab kematian begitu banyak orang.

Bagaimana caranya?

Sony rupanya telah bekerja sama dengan The Folding@home distributed computing project untuk mengembangkan sebuah software client, fungsinya membuat cell processor yang idle untuk melakukan perhitungan-perhitungan rekronstruksi protein yang menyimpan rahasia penyembuhan penyakit kanker. Berkat metode-metode komputasi terbaru, yang mampu menggunakan processor streaming seperti processor Cell PS3, Folding@ home percaya mereka akan mampu membawa riset mereka semakin maju kearah penyembuhan kanker.

Processor

Cell diharapkan akan melakukan kalkulasi bagi Folding@home pada skala 100 gigaflops ( flops = floating points operations). Bayangkan kalau mereka menggunakan 10,000 processor PS3 digabungkan sekaligus. Folding@home juga sedang mempertimbangkan untuk memperluas riset mereka untuk penyakit Alzheimer dan Huntington.

Biarpun masih dalam tahap riset, keberhasilan penelitian tersebut akan memberikan harapan kehidupan lebih besar untuk generasi mendatang.

Selain itu anak-anak sekarang akan mempunyai alasan baru untuk merengek meminta PS3 (Bu, PS3 khan nyembuhin kanker! Kalau kita gak beli nanti nenek bisa meninggal!). Hey, $600 untuk membantu menyembuhkan kanker mah kecil. Kalau kita bisa memainkan Final Fantasy XIII dalam prosesnya, mengapa tidak?

Sumber : BerbagiSehat.com (4 Oktober 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 5 Juli 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI