komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Wah, Matematika Bisa Atasi Kemacetan Lalu Lintas!
LTF

'Kuramoto Model' merupakan sistem Matematika berbasiskan teknologi komputer yang diharapkan bisa mengoptimalkan kerja lampu lalu lintas karena metodanya yang mampu mengkordinasikan pengaturan nyala lampu.

Dengan rumus Matematika, Wisnu Jatmiko, peneliti UI, menemukan cara mengoptimalkan pengaturan lampu lalu lintas untuk mengurangi kemacetan akibat masih ada kerja lampu lalu lintas yang belum optimal.

'Kuramoto Model', nama temuan Wisnu tersebut, merupakan sistem Matematika alogaritma. Dipamerkan di JJC sejak hari ini, Kamis (25/6), temuan Wisnu itu merupakan satu dari delapan hasil penelitian dari para peneliti UI lainnya yang dipamerkan.

"Ini merupakan sistem Matematika berbasiskan teknologi komputer yang kita harapkan bisa mengoptimalkan kerja lampu lalu lintas karena metodanya yang mampu mengkordinasikan pengaturan nyala lampu," ujar Wisnu, yang juga Manajer Riset di Fakultas Ilmu Komputer UI ini, di Jakarta, Kamis, (25/6).

Memakai metode ini, Wisnu bisa menganalisa, bahwa lampu lalu lintas dapat terkordinasi tidak hanya pada satu terminal lampu dan arah saja, melainkan juga empat sekaligus. Untuk itulah, bekerjasama dengan pihak kepolisian lalu lintas Polda Metro Jaya, Wisnu berharap, metode ini bisa mengurangi keruwetan macet Jakarta yang kadang bisa ditimbulkan oleh kerja lampu merah yang seringkali tidak optimal.

Sumber : Kompas (25 Juni 2009)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 28 Juni 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI