komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Mesin pencari berbasis data-mining : Saingan Google yang tak kalah canggih dengan fitur tidak dimiliki Google !!!
multimix

Wolfram Alpha atau seperti dalam websitenya ditulis sebagai Wolfram|Alpha merupakan nama mesin pencari (search engine) yang baru-baru ini diluncurkan ke publik setelah sekitar dua bulan yang lalu namanya mulai dikenalkan.

Tidak seperti Google atau Yahoo yang hasil pencarian utamanya berupa halaman-halaman web mana saja yang terkait dengan keyword yang Anda masukkan, hasil pencarian Wolfram|Alpha berupa jawaban berdasarkan kata kunci atau pertanyaan yang dimasukkan oleh penggunanya. Jawaban dari Wolfram|Alpha merupakan hasil dari komputasi dari berbagai data objektif dengan mengimplementasikan berbagai model, metoda, dan algoritma.

Sebagai contoh, jika misalnya Anda memasukkan pertanyaan who is president of indonesia? sebagai kata kunci pada Google, Anda akan mendapati link ke berbagai halaman web yang mengandung atau terkait dengan pertanyaan tersebut, sedangkan ketika pertanyaan tersebut digunakan pada Wolfram|Alpha, Anda akan disuguhi satu jawaban bahwa presiden Indonesia saat ini adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang dimulai sejak tanggal 20 Oktober 2004.

Terkait contoh di atas, dapat diketahui Wolframe|Alpha bukanlah mesin yang serba tahu, ketika pertanyaan saya ubah menjadi who is first president of indonesia?, Wolframe|Alpha tidak bisa memberikan jawaban, tidak seperti contoh di atas atau ketika ditanyakan who is first president of usa?.

Contoh lain, ketika saya memasukkan pig flu sebagai kata kunci, oleh Wolfram|Alpha diinterprestasikan sebagai H1N1 (Influenza A), dan hasil yang diberikan berupa data jumlah kasus dan kematian dunia, indonesia dan negara-negara lain jika diinginkan beserta laporan hariannya. Di sini, tidak diberikan penjelasan lain mengenai H1N1, selain angka-angka tersebut.

Untuk masalah di bidang matematika, saya melihat perhitunganyang diberikan oleh Wolfram|Alpha sangat baik, dari langkah yang diberikan sampai penggambaran grafik untuk persoalan-persoalan matematis tertentu. Ini dapat dimengerti mengingat Wolfram sebagai pengembang software Mathematica.

Untuk lebih dapat memanfaatkan layanan Wolfram|Alpha ini, ada banyak contoh yang diberikan yang meliputi berbagai bidang seperti Mathematics, Statistics & Data Analysis, Physics, Chemistry, Materials, Engineering, Astronomy, Earth Sciences, Life Sciences, Technological World , Transportation, Computational Sciences, Web & Computer Systems, Units & Measures, Money & Finance, Dates & Times, Places & Geography, Socioeconomic Data, Weather, Health & Medicine, Food & Nutrition, Words & Linguistics, Culture & Media, People & History, Education, Organizations, Sports & Games, Music, dan Colors.

Perbandingan Google dan Wolfram|Alpha

Dengan kelebihan yang dimiliki dan kekurangan yang masih ada, Wolfram|Alpha dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan bagi Anda yang memerlukannya.

Sumber : Kaskus (20 Mei 2009)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 23 Mei 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI