komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Demi Industri, IT Telkom Lahirkan Prodi Baru
AE-08

Berubahnya Sekolah Tingggi Teknologi Telkom (STT Telkom) menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) menorehkan perkembangan positif pada institusi. Hal itu diwujudkan dengan dibukanya dua program studi (prodi) baru, yaitu Teknik Fisika dan Ilmu Komputasi. Disampaikan Dekan Fakultas Sains Danang Mursita, Drs., MSi, “Lahirnya prodi baru tersebut merupakan upaya IT Telkom demi memenuhi tuntutan kebutuhan industri. Pasalnya, tenaga ahli di bidang Teknik Fisika dan Ilmu komputasi banyak dibutuhkan, mengingat kedua bidang tersebut cakupannya sangat luas.”

Teknik Fisika IT Telkom memiliki kefokusan pada bidang Information Communication Technology (ICT). Inilah yang membedakan Teknik Fisika di IT Telkom dengan di perguruan tinggi lain. Kurikulum yang fokus pada sains terapan sehingga menopang bidang-bidang teknik lainnya seperti teknik elektro, teknik mesin, teknik industri, dan teknik material. Hasilnya, lulusan lebih fleksibel dalam bekerja. Kefokusannya pada ICT menjadikan keberadaan prodi ini satu-satunya di Indonesia.

Kurikulum Prodi Teknik Fisika memiliki penekanan terhadap rekayasa instrumentasi dan kontrol, rekayasa energi, rekayasa fotonika, aplikasi elektromagnet, dan rekayasa material. Beberapa profesi yang kompeten dengan bidang keahlian teknik fisika diantaranya: Sistem Integrator Engineer, Instrument and Control Engineer, Health, Safety, Enviromental Engineer, Energy Engineer, dan Mechatronic and Robotic Engineer.

Lain halnya Ilmu Komputasi. Di kebanyakan perguruan tinggi, ilmu komputasi kerap dijumpai di Program Studi Pasca Sarjana. Namun di IT Telkom Ilmu komputasi dijumpai di program studi Sarjana atau S1. “Ilmu komputasi adalah suatu bidang perpaduan antara teknik informatika, permodelan, dan teknologi jaringan komputer,” ujar Danang. Ia tak memungkiri bahwa kebutuhan industrilah yang menuntut IT Telkom untuk segera membuka prodi Ilmu Komputasi untuk jejang S1.

Ilmu Komputasi diperlukan untuk menunjang penyelesaian masalah-masalah yang memerlukan komputasi tingkat tinggi, di antaranya desain sistem pada bidang pertelekomunikasian, peramalan harga saham, desain sistem kecerdasan buatan, desain sistem pada industri manufaktur, desain sistem pada perusahaan pertambangan, dan sebagainya. Melalui ilmu komputasi, mahasiswa dibekali pengetahuan komputasi pararel yaitu komputasi yang melibatkan teknologi jaringan komputer.

“Tidak heran jika Ilmu Komputasi menjadi trend di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Singapura. Pasalnya, peluang profesi dan karir terbuka luas untuk bidang ini,” ujar Danang.

Diungkapkan Danang, beberapa peluang profesi yang kompeten dengan bidang Ilmu Komputasi diantaranya Information Technology Support Engineer, System Analyst Engineer, Software Development Engineer, Database Engineer, dan Modeling and Simulation Engineer.

Prodi Teknik Fisika dan Ilmu Komputasi kini berada di bawah naungan Fakultas Sains IT Telkom. Keduanya dibuka pada tahun ajaran 2009-2010, sedangkan seleksi masuknya dapat diikuti calon mahasiswa pada Ujian Tulis Gelombang (UTG) II yang akan diselenggarakan tanggal 5 Juli 2009. Ujian dilaksanakan serentak di 20 kota di beberapa wilayah Indonesia seperti pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Keberadaan prodi baru menjadi wujud perkembangan positif IT Telkom yang telah mencanangkan World Class University (WCU) di tahun 2017. Selain peningkatan kualitas perkuliahan, perkembangan IT Telkom juga dapat dilihat dari sisi infrastruktur yaitu dibangunnya Learning Center yang direncanakan selesai pada bulan Juni. Nantinya, Learning Center akan diarahkan menjadi perpustakaan tingkat nasional yang fokus di bidang ICT.

Sumber : Pikiran Rayat (6 Mei 2009)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 10 Mei 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI