komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Prof. Dr. Djati Kerami : Guru Besar Matematika Komputasi
-

Sederhana itu indah, oleh karena itu mulailah dari yang sederhana untuk dapat menyelesaikan masalah yang rumit.

Bidang komputasi merupakan bidang yang banyak ditekuninya, sehingga pernah dipercaya beberapa tahun lamanya sebagai kepala laboratorium komputasi matematika sekaligus ketua bidang minat komputasi.

Prof.Dr.Djati Kerami merupakan salah satu guru besar di Departemen Matematika.. Guru besar yang lebih senang disapa dengan Pak Djati daripada disapa dengan Profesor Djati ini, dilahirkan pada tanggal 30 Desember 1950 di Yogyakarta. Beliau adalah putra guru matematika (almarhum) di salah satu sekolah menengah negeri Jadi menurut beliau, menjadi guru merupakan profesi suratan tangan. Gelar doktornya diperoleh dari ENSEEIHT, Institut National Polytechnique de Touluse, France, pada tahu 1985. Ditempat yang sama ia memperoleh Diplome d’Ingenieur Mathematique Applique dan Diplome d’Etude Approfondi, masing-masing pada tahun 1981 dan 1982. Memperoleh gelar sarjana pada tahun 1977 dari Jurusan Matematika FIPIA Universitas Indonesia.

Karya ilmiahnya sudah banyak dipublikasikan melalui jurnal dan prosiding seminar di dalam maupun di luar negeri. Beberapa diantaranya adalah Regularized Orthogonal Least Square-based RBF Networks and Its Application on Time Series Prediction, Aproksimasi Fungsi Menggunakan Metode Orthogonal Least Square dalam Jaringan Fungsi Radial Basis, Kajian Kemampuan Generalisasi SVM dalam Pengenalan Jenis Splice Sites pada Barisan DNA, Accuracy test in identifying the splice set type of DNA sequences by using Probabilistic Neural Network and Support Vector Machines, SVM sebagai Sarana Baru Komputasi Lunak : Pendekatan Analitis dan Pertimbangan Penerapan Praktis dan lain sebagainya.

Disamping kegiatan pengajaran dan penelitian, sampai sekarang masih menulis buku yang menurut beliau untuk memasyarakatkan matematika di Indonesia. Karya bukunya banyak diterbitkan oleh Universitas Terbuka, antara lain Analisis Jaringan, Pemrograman Linear, dan Riset Operasi.

Obsesinya dalam memasyarakatkan matematika disalurkan juga dengan sesekali membantu Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Diknas dalam peristilahan matematika. Karya-karyanya yang diterbitkan oleh pusat tersebut antara lain Kamus Aljabar, Kamus Geometri, Kamus Matematika Analisis, Kamus Riset Operasi, dan Glosarium Matematika yang diterbitkan oleh Balai Pustaka.

Sumber : Situs UI

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 21 Maret 2009

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI