komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

CERN Bangun Jaringan Komputer Super di Seluruh Dunia
ahn/roc

CERN, sebuah organisasi penelitian nuklir Eropa baru saja membangun jaringan komputer super yang akan menghubungkan banyak komputer super di berbagai negara. Organisasi ini baru saja menggegerkan dunia lantaran proyek percobaan pemecahan partikelnya.

Worldwide LHC Computing Grid ini akan menghubungkan 7.000 ilmuwan di 33 negara. Jaringan ini diharapkan untuk membuka kemungkinan sharing dan menyimpan data sekaligus meningkatkan kemampuan komputasi masing-masing komputer super itu.

Kabarnya, jaringan komputer ini melibatkan 100.000 prosesor di 140 institut di seluruh dunia dan akan digunakan untuk menganalisa data dari hasil eksperimen menggunakan Large Hadron Collider (LHC). LHC sendiri adalah fasilitas penelitian sepanjang 17 mil yang berada 100 meter di bawah permukaan tanah di dekat perbatasan Swiss dan Perancis.

CERN menggunakan LHC ini untuk melakukan pemecahan partikel dengan cara menembakkan proton dari dua arah yang berlawanan. Dari 600 juta tabrakan proton per detik itu diharapkan akan berhasil ditemukan asal mula terciptanya alam semesta sekaligus sifat dasar grafitasi bumi dan zat yang ada di alam ini.

Proyek yang dimulai September lalu ini sempat dihentikan karena terjadi kebocoran helium. Rencananya, proyek ini akan dilanjutkan tahun 2009 nanti.

Sumber : KapanLagi.com (6 Oktober 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 4 Desember 2008

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI