komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Superkomputer Dobrak Petaflop Barrier
-

Roadrunner menjadi super komputer pertama yang bisa menembus batas psikologi 'petaflop barrier' (1000 triliun operasi) dan menjadi komputer paling cepat di dunia sekaligus membuka cakrawala baru dalam dunia sains yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan.

Diciptakan oleh IBM dan Los Alamos National Laboratory, komputer yang kecepatannya lebih dari dua kali lipat komputer tercepat sebelumnya, Blue Gene/L buatan IBM. Roadrunner bisa melakukan lebih dari 1000 triliun operasi setiap detik. Sebagai pembanding Blue Gene/L adalah 478 triliun per detik.

Pada November 2007, kemampuan Blue Gene/L ini tiga kali lebih cepat dari superkomputer satu peringkat dibawahnya.

Beroperasi sejak awal Juni 2008, Roadrunner akan menggunakan 80ari kapasitasnya untuk memastikan keamanan dan kehadandalan lumbung-lumbung senjata nuklir USA. Juga untuk penelitian astronomi dan pemetaan gen manusia. Para peneliti di Los Alamos sudah menggunakan untuk meniru proses kerja syaraf manusia yang sangat kompleks.

Beroperasi di level teraflop berarti mesin ini bisa melakukan 1000 triliun perhitungan setiap detik. Artinya Roadrunner bisa menyelesaikan gunungan problem para saintis menjadi setumpuk persoalan saja. Atau membuat model-model yang tingkat kompleksitasnya diluar jangkauan nalar.

Untuk menguji peformanya, para ahli di Los Alamos Laboratory membuat program yang meniru sistem penglihatan manusia. Nama program itu Peta Vision. Sistem indra penglihatan manusia melibatkan satu miliar visual neurons dan triliunan synapses. Neuron adalah sel syaraf yang memproses informasi di otak. Neuron berkomunikasi dengan neuron lainnya menggunakan koneksi synaptic.

Seperti transistors di komputer. Synapses menyimpan banyak memori dan berperan penting dalam proses belajar. Synapses melakukan unjuk kerja seperti komputer ketika mendapat tugas untuk melihat. Karena adalah ribuan triliun synapses di otak manusia, proses mengenali manusia adalah persoalan komputer berskala petaflop.

Saat ini komputer belum bisa menyamai kemampuan manusia dalam melihat atau mengenali, misalkan membedakan teman dari orang asing di tengah kerumunan atau mobil tertentu di jalan tol. Roadrunner mengubah situasi itu.

Dari pengujian dengan Peta Vision, Roadrunner terbukti bisa melakukan proses komputasi hingga 1.144petaflop. Kemampuan komputer untuk mengenali sesuatu setingkat manusia merupakan terobosan penting dan revolusioner. Banyak aplikasi yang bisa dicapai seperti, kamera yang bisa mengenali bahaya, atau sistem autopilot untuk mobil yang bisa mengambilalih fungsi pengemudi yang gagal melakukan antisipasi yang perlu di situasi komplek.

Namun aplikasi secara praktis masih butuh waktu. Karena Roadrunner itu sebenarnya terdiri dari ribuan komputer yang digabung. Dia menyatukan 6,948 dual core AMD Opteron (mikropresesor yang biasa ada di laptop) dan 12,960 prosesor PowerXCell 8i (yang dipakai Sony PS3). Ribuan komputer itu menempati area seluas 557m2. Memiliki 10,000 koneksi yang membutuhkan 91.2km kabel serat optik dan 80 terabytes memory yang beratnya 226,796.2kg.

Meskipun ukurannya 'luarbiasa', IBM mengatakan superkomputer ini sangat efisien dalam penggunaan energi. Karena itu, IBM yakin bisa dikomersialkan, contohnya untuk melakukan simulasi efek obat-obatan terhadap tubuh manusia atau sistem keuangan yang sangat komplek hingga simulasi bagian dalam pesawat dalam satu set.

Sumber : inilah.com (19 Juni 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 29 Juni 2008

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI