komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Tiga Supercomputer Paling Powerful Berjalan di SUSE Linux Enterprise
Arief Lukman (FTI - Universitas Atma Jaya)

Supercomputer-supercomputer yang ada di dunia kebanyakan berjalan diatas SUSE Linux Enterprise Server dari Novell. Dalam TOP 500, sebuah project menemukan trend bahwa komputasi dengan performa tinggi (tingkat tinggi), SUSE Linux Enterprise merupakan distribusi Linux yang menjadi pilihan dalam Superkomputer-superkomputer HPC terbesar saat ini.

Dalam TOP 50 superkomputer, 40 persen superkomputer yang ada sekarang ini berjalan diatas SUSE Linux Enterprise, termasuk 3 server IBM terbaiknya yaitu IBM eServer Blue Gene yang terdapat di Lawrence Livermore National Laboratory, IBM eServer BlueGene/P (JUGENE) yang terdapat di Juelich Research Center dan SGI Altix 8200 yang terdapat di New Mexico Computing Applications Center.

Novell bersama-sama dengan partner-partnernya membawa kapabilitas komputasi dengan performa tinggi yang tergabung dalam supercomputer-supercomputer ke Enterprise dan konsumen dengan pasar menengah dalam industri, termasuk manufacture, riset dan organisasi akademis. Konsumen-konsumennya antara lain Audi, MTU Aero Engines, NASA Advanced Supercomputing Division, Porsche Informik, Seoul National University, Swinburne University of Technology, Tokyo Institute of Technology dan Wehmeyer yang menjalankan superkomputer dan komputer kluster dengan SUSE Linux Enterprise Server.

Tiga superkomputer yang terdapat di NASA Advanced SuperComputing Division sekarang ini berjalan dengan SUSE Linux Enterprise dari Novell juga. Superkomputer yang baru milik NASA, akan selesai musim panas ini, dan berjalan dengan SUSE Linux Enterprise juga.

Sumber : beritaNET.com (17 Juni 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 29 Juni 2008

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI