komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Gelombang Berikutya : Komputasi Nirbatas
Bill Gates

KITA sekarang hidup dalam sebuah dekade digital yang sesungguhnya, ketika segala sesuatu yang kita lakukan ditransformasikan melalui komputasi. Komputer sekarang berpindah dari meja kerja menuju seluruh bagian kehidupan kita, ke mobil kita, ke ruang tamu di rumah, dan bahkan ke dalam saku kita. Dan ini adalah kondisi sesungguhnya di Asia, seperti yang kita saksikan dari pertumbuhan ponsel yang luar biasa, dan dari tersedianya layanan informasi dan hiburan yang sangat maju.

Pada saat yang bersamaan, berbagai perangkat lainnya mulai dari televisi sampai sistem musik dan perkakas rumah tangga juga mulai berubah menjadi komputer yang menjadi semakin pintar dan terkoneksi ke mana-mana seperti yang sekarang terjadi pada komputer.

Ini terjadi karena komputer menjadi sangat bertenaga dan memiliki kemampuan luar biasa dengan pertumbuhan yang menakjubkan. Setiap tahun, komputer bisa menyimpan data lebih banyak, menampilkan grafik yang lebih baik pada semua jenis layar, dan berinteraksi dengan penggunanya secara lebih alami seperti melalui suara maupun berbagai gerakan. Konektivitas jaringan internet dan tenaga pemrosesan juga terus tumbuh, memungkinkan berbagai komputer untuk bekerja dengan hampir seluruh jenis informasi di mana pun pada saat dibutuhkan.

Namun, bersamaan dengan berbagai inovasi ini, komputer-komputer ini masih belum bermanfaat seperti yang seharusnya. Orang-orang masih harus beradaptasi bagaimana cara kerjanya, sampai bagaimana bekerjanya teknologi di dalamnya. Mereka berloncat dari satu persoalan ke persoalan lain dalam lingkungan perangkat- perangkat yang tidak saling berhubungan, dari berbagai aplikasi dan jasa, belajar cara bekerja yang baru dan berbeda, serta berbagi informasi di kantor maupun di rumah.

Komputer-komputer yang menjadi sebuah dunia maya ternyata tidak bisa menyaingi kebiasaan-kebiasaan maupun preferensi yang ada di dunia nyata.

PERANGKAT lunak adalah kunci untuk memecahkan kerumitan ini. Sebelumnya, inovasi perangkat lunak tertahan oleh keterbatasan konektivitas dan perangkat keras. Namun masalah ini kemudian menghilang secara cepat. Hal ini memungkinkan bagi kita untuk memanfaatkan keajaiban teknologi dalam kehidupan kita, dan mendayagunakannya bersamaan secara terintegrasi. Komputasi pun kemudian benar-benar mampu untuk memengaruhi kita mengembangkan gagasan, strategi, aspirasi, serta kreativitas.

Berbagai perangkat cerdas, perangkat lunak, dan sistem yang digunakan orang-orang harus membentuk sebuah sistem yang menyatu dan terkoneksi yang bisa berfungsi sesuai dengan keinginan mereka serta sesuai dengan arahan yang dilakukan. Komputasi harus memperluas koneksi bisnis dan personal melalui komunikasi yang beragam dan bertenaga, serta berbagai perkakas yang terkolaborasi secara kenyal. Komputasi juga harus mampu membantu membedakan teknologi, kelompok, dan organisasi untuk bekerja bersama, serta cukup kenyal dan intuitif untuk mengadaptasi cara orang dan perusahaan ingin melakukan pekerjaannya.

Di tempat kerja, artinya tersedia sistem-sistem teknologi informasi yang bertenaga untuk mampu secara dinamis menata dan mengorganisasikan diri, bersama dengan perangkat lunak dan jasa yang inovatif memberikan cara-cara baru untuk memperbaiki efisiensi serta membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.

Tugas rutin manajemen bisa berhenti menjadi penghalang adopsi teknologi, mentransformasikan cara berpikir bisnis tentang bagaimana komputer bisa membantu mereka untuk memperoleh keuntungan strategis. Perusahaan- perusahaan berbagai ukuran akan mampu menikmati kekuatan teknologi yang sekarang digunakan dan dinikmati oleh perusahaan-perusahaan besar.

Secara keseluruhan, apa yang disebut sebagai komputasi terintegrasi bisa membantu para pengusaha berhubungan dengan orang-orang dan timnya, mengkatalisasi dan menghubungkan proses yang dilakukan mereka, serta memberdayakan pekerja dengan intelegensi bisnis murni, membuka peluang dari pandangan situasi bisnis menjadi aksi bisnis.

Di rumah, komputasi terintegrasi bisa menyederhanakan dan memperkaya cara kita menyelami kehidupan. Kenyal, perangkat komunikasi bertenaga bisa membantu kita untuk tetap berhubungan dengan teman-teman dan orang-orang yang kita cintai. Sedangkan perangkat lunak dan perangkat-perangkat baru bisa membantu kita menata dan berbagi kenangan- kenangan digital dengan mereka.

Musik, permainan, dan video digital yang diperluas dengan berbagai perangkat lunak bisa membuka kemungkinan-kemungkinan hiburan baru yang menakjubkan di rumah maupun dalam perjalanan. Jasa dan perangkat lunak baru bisa membantu menata kehidupan kita, merapikan berbagai hal di lingkungan rumah, serta menghemat waktu bagi hal-hal yang sebenarnya ingin kita lakukan.

Tahun mendatang, industri teknologi akan bekerja keras untuk memungkinkan berbagai perangkat, perangkat lunak, maupun jasa saling bekerja dalam sebuah cara yang lebih sempurna, menciptakan jalan-jalan baru bagi teknologi untuk memperluas kehidupan kita. Walaupun perubahan-perubahan ini terjadi secara bertahap, perbedaan antara pengalaman komputasi hari ini dan bagaimana kita menggunakannya lima tahun dari sekarang, akan berbeda seperti siang dan malam. Itu sebabnya, saya sangat antusias tentang teknologi seperti sebelumnya.

Sumber : Kompas (24 Juni 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 November 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI