komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Komputer Pecahkan Taktik Permainan Dam-daman
Wah

Kunci kemenangan permainan dam-daman (draught/checker) kini telah dipecahkan dan program komputernya telah dikembangkan. Selihai apapun lawannya, tim pengembangnya dari Kanada memastikan program buatannya selalu menang atau minimal seri pada setiap pertandingan.

Untuk menemukan rahasia kemenangan permainan ini, para programmer membutuhkan setidkanay 50 komputer dan waktu sekitar 2 tahun. Sebab, posisi setiap bidak dalam permianan dam-daman memiliki peluang hingga 500 miliar miliar kemungkinan. Dam-daman

Sebagaimana dilaporkan di jurnal Science edisi terbaru, mereka menilai dam-daman merupakan game paling menantang yang berhasil dipecahkan saat ini. Jonathan Schaeffer, kepala departemen ilmu komputer di Universitas Alberta, Kanada, yang juga penulis utama makalahnya, mengatakan masalah komputasi yang harus dipecahkan sangat kompleks karena lebih dari satu juta kali lebih besar daripada masalah yang harus dipecahkan pada permainan Connect Four (othelo).

Trial and error

Schaeffer yang mengakui bahwa dirinya sangat tergila-gila pada permainan ini mulai memecahkan rahasianya pada tahun 1989. Ia berkonsultasi dengan pemain yang sering memangkan pertandingan untuk mengetahui taktik yang dipakai dan memasukkan informasi tersbeut ke dalam program komputer yang disebut Chinook.

Chinook dapat memecahkan masalah mirip seperti pikiran manusia melalui proses trial and error. Dengan pendekatan yang disebut dengan heuristik, akan dipilih solusi terbaik dari beberapa solusi yang dihasilkan untuk menyelesaikan masalah. Hasilnya, pada tahun 1994, program tersebut telah memenangkan World Checkers Championship.    

Meski demikian, Schaeffer tak puas dengan pendekatan heuristik karena masih ada kemungkinan dikalahkan sewaktu-waktu. Karenanya, ia mencoba taktik non-heuristik. Selama bertahun-tahun, ratusan komputer dipakai untuk memainkan permianan berkai-kali dan hasilnya baik menang, kalah, atau seri akan dianalisis. Dengan informasi yang begitu banyak, selalu dapat dilih langkah terbaik untuk mengatasi taktik lawan sehingga menghasilkan hasil menang atau minimal seri.

Para pengembang software kini sudah beranjak untuk memcahkan taktik permianan pada game yang lebih kompleks. Namun, untuk memecahkan rahasia taktik pada catur mungkin belum dapat dilakukan saat ini. Peluang posisi bidang di papan catur mencapai miliar miliar miliar miliar miliar kemungkinan sehingga butuh superkomputer berdaya tinggi dan pengalaman bermain beribu-ribu tahun untuk selalu menang atau seri.

Sumber : Kompas (20 Juli 2007)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 22 Agustus 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI