komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan melaunching lanjutan program Indonesian Higher Education Network (Inherent)
Ant/OL-03

"Launching ini adalah kelanjutan dari program sebelumnya. Ini juga merupakan wujud komitmen UGM yang kuat untuk mengakselerasi visi knowledge sharing," kata Ketua Tim Inherent UGM, Muhammad Nur Rizal kepada wartawan di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan, pelaksanaan program inherent UGM yang berlangsung pada Juli hingga Desember 2006 telah menghasilkan berbagai produk dan aplikasi software yang bersifat open source, open access, dan open content.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan satu alur keberlanjutan dari kerjasama pengembangan kolaborasi di bidang pembelajaran dan penelitian berbasis teknologi informasi dan komunikasi antara Rektor UGM, UNY, UMY, UAD, ISTA Akprind, dan USD.

Tim Inherent UGM telah mengembangkan produk dan sistem aplikasi yang tercakup dalam tiga pilar kegiatan yaitu, pembelajaran, penelitian, dan pilar komunitas berbasis knowledge yang terwujud dalam suatu portal CAMP2SHARE (www.inherent.ugm.ac.id), katanya.

Ia menambahkan, produk dan aplikasi yang dikembangkan dalam pilar pembelajaran adalah i-elisa (www.i-elisa.ugm.ac.id) yang merupakan sistem e-learning berbasis multimedia yang mendukung interaktivitas antar pelaku pembelajaran.

Pilar penelitian menghasilkan portal i-riset (www.i-riset.ugm.ac.id), portal komputasi pararel i-hpc (www.i-hpc.ugm.ac.id), dan i-ask (www.i-ask.ugm.ac.id) yang merupakan mesin pencari data dan informasi pendidikan di Indonesia, kata dia.

Pilar komunitas berbasis knowledge mengembangkan aplikasi portal library (www.i-lib.ugm.ac.id) yang mampu menginterkoneksikan berbagai bahan pustaka seperti katalog buku, hasil penelitian, dan jurnal lokal berbagai perpustakaan di perguruan tinggi yang terhubung secara online.

Rizal menambahkan, universitas yang terhubung dalam jaringan Inherent tersebut mendapatkan fasilitas bandwidth gratis dengan kecepatan 155 Mbps.

"Acara launching akan dilaksanakan pada 17 April 2007 di Gedung Auditorium Magister Management UGM dan dibuka oleh Rektor UGM, serta dihadiri oleh DIKTI dan para rektor dari perguruan tinggi lain," katanya.

Sumber : Media Indonesia (16 April 2007)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 29 April 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI