komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

MB, GHz, Megapixel, Fps : Ukuran-ukuran Dalam Teknologi PC dan Gadgets
-

Bit, byte, MB, Mbps, MBps, fps, GHz, megapixel, wuah semuanya itu pasti tiap hari temuin sama Belia kalo lagi berurusan dengan techno-stuffs. Heuheu, ngaku aja deh... Enggak semuanya akrab dengan istilah-istilah tersebut kan? Dan mungkin banyak juga Belia yang enggak tahu ukuran-ukuran ini dipake buat jadi parameter pengukur apa atau jadi satuan variabel apa gitu. Well, have no fear. Sekarang belia kasih kebetan deh beberapa istilah dan ukuran yang sering dipake dalam teknologi PC, komunikasi, dan gadgets.

Pertama-tama Belia kudu kenalan dengan Hz alias Hertz. Dia ini adalah satuan internasional buat ngukur satu putaran per detik, yang biasanya dipake buat ngukur panjang gelombang radio, dan juga ngukur frekuensi radio. Nah, kalo di PC, Hz ini dijadiin ukuran clock speed (clock rate), yaitu kecepatan prosesor untuk melakukan operasi kalkulasi biner untuk melakukan perintah-perintah yang jadi dasar bekerjanya komputer. PC-PC sekarang kecepatannya udah sampe satuan GHz, berarti prosesor berkecepatan 3 GHz bisa melakukan penghitungan sebanyak tiga Giga alias 3.000.000.000 kali per detiknya! Tapi itu juga kudu dibantu dukungan feriferal lainnya seperti memori, HD, dll., biar PC-nya ngabret.

Udah gitu, mari kita kenalan sama bit. Bit (b) ini adalah satuan bilangan biner (yang terdiri dari angka 0 - kosong dan 1 - isi/bisa juga true/false) yang jadi dasar komputasi pada PC dan gadgets. Dia juga ngewakilin data yang disimpen dalam memori penyimpanan. Misalnya ada angka 01110101 berarti bilangan biner sepanjang delapan bits.

Nah, 8 (delapan) bits, nilainya sama dengan (1) satu byte (B), di mana dia ngewakilin siklus bits dalam jumlah tertentu, dan sekarang angka yang dipake itu delapan, maka boleh dibilang 1 byte itu sama dengan 8 bits. Nah, satuan byte ini dipake juga buat ngukur kapasitas sebuah media penyimpanan digital seperti hard disk, CD, DVD, MMC, compact flash, flash disk, dll. Kenapa bisa begitu? Soalnya file dalam bentuk digital itu kalo diurai itu semuanya jadi bilangan biner. Makanya kapasitas media penyimpanan make satuan byte, karena dia ngukur berapa banyak jumlah bilangan biner yang bisa mewakili data tersebut. Byte juga ngewakilin kapasitas penyimpanan dalam memori di PC (RAM, Random Access Memory). Komputer ini make RAM buat nyimpen kode-kode program dan data sementara selama proses komputasi.

Selain itu, Belia juga pasti sering denger satuan MBps dan Mbps. Kalo Mbps (b kecil) adalah singkatan dari megabit per second. Ini adalah satuan kecepatan transmisi data, yang sama dengan 1.000.000 bit per detik, dan satuan ini biasanya dipake dalam koneksi jaringan dan internet. Nah kalo MBps (B besar), itu adalah satuan kecepatan transfer data juga. Tapi biasanya kalo satuan ini dipake buat ngukur kecepatan transfer data pada hard disk. Hard disk Paralel ATA punya kewcepatan 33-133 MB/s, terus HD SATA (serial ATA) punya kecepatan 150-300 MB/s.

Sekarang beralih ke ukuran yang lain. Kalo Belia demen ngutak-ngatik VGA card dan display properties di PC-nya, pasti kenal sama yang namanya resolusi. Nah resolusi ini adalah kemampuan tampilan yang dihitung dalam satuan pixel yang disebut dpi (dot per inch). Misalnya monitor memiliki resolusi 1024x764 dpi, maka dalam 1 (satu) inci persegi gambar di monitor, terdiri dari 1024 titik secara horizontal dan 764 secara vertikal! Berarti ada 782.336 titik dalam satu inci persegi gambar di monitor resolusi 1024 x 764.

Nah, si pixelnya ini sendiri, ngewakilin bagian terkecil yang merupakan bagian dari sebuah gambar yang utuh. Kalo di fotografi, Belia pasti sering denger kamera dengan kemampuan megapixel. Nah, megapixel di sini adalah kemampuan si kamera untuk menangkap gambar dalam resolusi tertentu. Kalo misalnya digicam Belia itu kemampuannya 3.1 megapixels, dia bisa ngerekam sebuah gambar dalam dimensi luas tertentu dengan resolusi 3.100.000 pixel! Biasanya sih kualitas gambar (baca: foto) yang diambil dimensinya 2.048 x 1.536 = 3.145.728.

Yang terakhir adalah fps a.k.a. frame(s) per second. Ini adalah satuan yang ngukur kemampuan tampilan gambar per detiknya dari sebuah sistem PC. Makin tinggi frame rate yang di hasilin, maka makin baik gambar yang dinikmati mata, apalagi untuk gambar-gambar animasi, gerakannya akan nampak lebih halus. Untuk ngehasilin tampilan dengan frame rate yang tinggi, perlu kombinasi periferal yang ciamik, dan komponen terpentingnya adalah VGA card.

Yep, that's about it. Sebenernya masih ada beberapa lagi temen-temennya Byte, bit, Hz, fps, pixel, dll. Yang paling common, sih, yang udah dijabarin tadi. Semoga bermanfaat dan enggak nge-blank lagi kalo ngomongin tekno! ^_^ ***

Sumber : Pikiran Rakyat

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 3 Maret 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI