komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

IBM Bangun Sirkuit Komputasi Terkecil
san

Para periset IBM telah berhasil membangun dan mengoperasikan sirkuit kerja komputer terkecil di dunia dengan menggunakan pendekatan baru di mana molekul individual bergerak di atas permukaan atom, seperti jajaran domino yang jatuh secara bergiliran.

Teknik ”molekul bertingkat” yang baru ini memungkinkan ilmuwan IBM membuat unsur-unsur digital-logic 260.000 lebih kecil dari yang digunakan dalam chip semikonduktor yang paling maju saat ini.

Sirkuit-sirkuit ini dibuat dengan menciptaan pola molekul karbon monoksida yang presisi pada sebuah permukaan tembaga. Bergeraknya sebuah molekul tunggal akan menyebabkan gerakan molekul yang bertingkat, seperti jatuhnya sebuah domino yang menyebabkan sederetan domino lainnya ikut jatuh secara bergiliran.

Para ilmuwan ini kemudian merancang dan menciptakan struktur-struktur yang sangat kecil untuk mendemonstrasikan fungsi-fungsi digital-logic OR & AND dasar, penyimpanan dan pengambilan data, dan sambungan yang diperlukan untuk saling-menghubungkannya sehingga menjadi sirkuit komputasi yang dapat difungsikan. ”Ini merupakan tonggak sejarah dalam upaya menciptakan sirkuit komputer berskala nano,” ujar Andreas Heinrich, seorang ahli fisika di Almaden Research Center milik IBM di San Jose, California dalam rilis yang diterima SH pekan ini. ”Deretan atom ini bukanlah cara yang baru untuk melaksanakan komputasi, namun ini merupakan pertama kali semua komponen yang dibutuhkan komputasi berskala nano dibangun, dihubungkan dan dibuat untuk berkomputasi.”

Heinrich dan tim tengah melanjutkan penelitian mereka untuk menemukan sistem-sistem komputasi berskala nanometer lainnya berdasarkan mekanisme jajaran.

Sumber : Sinar Harapan (31 Oktober 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 2 Februari 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI