komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Profesor Louis von Ahn di Garis Depan Dunia Komputer
ads

Louis von Ahn usianya baru 28 tahun. Namun di Canegie Mellon University ia sudah bergelar profesor. Pria kelahiran Guatemala ini menerima hadiah MacArthur Fellow Program senilai 500.000 dolar AS atau lebih dari 4,5 miliar rupiah. Von Ahn meraihnya, menurut Daniel Socolow, Direktur MacArthur Fellows Program, sebagaimana diberitakan koran Pittsburgh Post-Gazette, beberapa waktu lalu, karena ia seorang muda pada bidang penelitian kriptografi, intelegen semu dan intelegen alami untuk menangani masalah teoritis maupun praktis dalam bidang komputer. “Ia menangani masalah yang paling menantang di garis depan ilmu pengetahuan komputer.”

Majalah ilmiah terkenal AS, Popular Science, menobatkan von Ahn sebagai salah satu dari “10 Terbrilian”. Ia dihargai majalah itu karena telah membangun suatu bidang baru dalam ilmu pengetahuan komputer. “Komputasi manusiawi” ini merupakan teknik baru, di antaranya mencakup permainan untuk membentuk kemampuan komputasi manusia guna menyelesaikan berbagai masalah sekala besar yang masih belum bisa ditangani komputer.

Secara praktis von Ahn yang lulusan dari universitas tempatnya kini mengajar, menemukan “Captchas”. Ini cara memanfaatkan kata atau angka dalam tulisan aneh yang harus diidentifikasi disuatu ruang kosong dalam baris tulisan untuk bisa mengakses ke suatu situs. Cara ini membuat situs lebih aman. Sejak itu, ia mengembangkan berbagai permainan yang bisa dinikmati pengguna internet, untuk memperbaiki internet. Salah satu masalah yang berhasil ditanggulanginya adalah bagaimana komputer tidak dapat mengenali suatu citra. Permainan “ESP” yang dibuatnya itu kini sudah dibeli lisensinya oleh Google.

Ini permainan di mana dua orang jika kebetulan menamakan dua bagian gambar yang sama dengan nama sama akan menjadikan gambar itu memiliki label. Bagi Google ini artinya, mereka tidak menghabiskan tenaga dan waktu untuk memberikan julukan pada jutaan gambar yang mereka akses.Profesor muda itu menjelaskan bahwa membangun gedung Empire State Building membutuhkan 7 juta jam kerja manusia. Jumlah seperti itu tersedia gratis diantara pengunjung internet jika “kerja” mereka bisa dikonversikan jadi permainan,

Dr von Ahn 10 tahun lalu meninggalkan Guatemala untuk mendapatkan program pendidikan matematik terbaik yang ada. Ia mendaftar pada Duke University dan menjadi lulusan pertama diantara 1.600 rekannya pada tahun 2000.

Sumber : Sinar Harapan (6 Desember 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 2 Februari 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI