komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Bagaimana WWW Ditemukan?
merry magdalena

Tiga huruf itu sangat akrab dengan kita. World Web Wide. Tidak banyak yang tahu bagaimana perkembangannya sampai WWW selalu mengawali alamat setiap situs di Internet.

"Pada awal 1990-an, satu-satunya cara mendapatkan informasi yang tersimpan di begitu banyak komputer sangat menarik," ungkap Paul Kunz, ilmuwan asal Stanford Linear Accelerator Center (Slac) seperti yang dikutip BBC News baru-baru ini. Kunz adalah orang yang pertama kali memasang server Web di luar Eropa pada desember 1991.

Pada saat itu, sebuah proses login hanya akan memberi akses ke sumber mesin itu saja. Menyalakan komputer sama artinya dengan login dan menggunakan serangkaian perintah berbeda untuk mengolah data. Maka Web sangat mengundang perhatian Kunz setelah Tim Berners-Lee memperlihatkan bagaimana temuannya mampu mengubah basis data berkas-berkas fisika yang rumit menjadi mudah dicerna di layar komputernya. Namun kemudian, pengembang teknologi lain juga melakukan hal serupa, yakni ketika beberapa orang memegang dokumen kunci yang sama dan mampu mengaksesnya dengan memakai aplikasi bernama File Transfer Protocol (FTP).

Mosaic

Tidak kalah populer adalah teknologi Gopher yang dikembangkan tim ilmuwan University of Minnesota. Gopher juga menghasilkan tampilan yang "ramah" bagi kemajemukan data yang hadir sejak komputer terkoneksi dengan Internet. Gopher dirilis pertama kali pada musim semi 1991. Selama itu pula, Berners-Lee, Jeff Groff beserta koleganya terlibat dalam proyek World Wide Web (WWW).

Proyek secara keseluruhan baru meledak pada April 1993, ketika browser Web Personal Computer (PC) mulai muncul. Diciptakan oleh Marc Andreessen dari National Center for Supercomputing Applications di bawah naungan University of Illinois , browser ini dikenal dengan nama Mosaic. Menurut Jeff Groff, aplikasi tersebut tidak lahir dari tangan laboratorium Cern tempatnya bekerja sebab memang stafnya tidak mendesain browser bagi PC, Macs, maupun Unix.

"Mosaic cukup sukses menjadi dasar pijakan penggunaan Web yang masih dipakai sampai hari ini," komentar Goff. Sementara itu, Ed Vielmetti, seorang pengguna Web kampiun yang kini peneliti di University of Michigan School of Information mengatakan bahwa pada tahun-tahun awal tersebut, banyak pengembang teknologi yang mulai membuktikan tentang manfaat Internet.

Sistem Gopher dan FTP biasa dipakai oleh perusahaan atau institusi besar. Vielmetti melihat bahwa di era itu orang menggunakan Internet lebih sebagai media berekspresi yang tidak dimungkinkan oleh teknologi lainnya.

100 Juta Situs

Tampilan situs dengan aneka warna, gambar, jenis huruf menawan yang kita kenal hari ini adalah berkat kerja keras Berners-Lee dan kawan-kawan. Bayangkan saja kalau data-data Internet hanya berupa huruf, angka, serta sandi-sandi monoton tak menentu, tentu kita tidak terlalu tertarik memakainya.

Hari ini, bahkan siapa saja dapat menampilkan dirinya di Internet melalui blog atau situs pribadi. Apa yang dikembangkan Berners–Lee 15 tahun silam sampai saat ini masih terus dipakai oleh miliaran pengguna komputer dunia. "Aplikasi yang luar biasa bagi PC adalah lembar kerja, untuk Mac adalah desktop publishing, dan untuk internet adalah Web," Paul Kunz.

Hari ini, ada sekitar 100 juta situs yang bersemayam di jagat maya, belum termasuk sejumlah situs tak terdaftar. Semuanya menghadirkan beragam fitur aplikasi yang cukup menarik bagi sapa saja untuk berkunjung, bergabung atau bahkan membuat situs lain. Dan ini akan terus berkembang lebih dari itu.

Sumber : Sinar Harapan (8 Agustus 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 2 Februari 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI