komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

NASA-Google Bawa Misi Ruang Angkasa ke Web
Teguh Rachmanto

Google dan badan antariksa AS (NASA), Senin (18/12), mengumumkan aliansi untuk mengatasi masalah komputasi kosmik dan menjadi saluran informasi tentang ruang angkasa ke seluruh dunia via Internet.

Mesin pencarian Internet itu menandatangani Space Agreement Act itu sebagai langkah formalisasi kemitraan yang dimuali tahun lalu ketika Google menyatakan akan membangun pusat riset di NASA Ames Research Center di Lembah Silikon, California utara.

Dalam kerjasama tersebut, para ilmuwan NASA dan Google mengatakan mereka akan memasukkan segala macam informasi berguna di NASA ke dalam Internet.

Di antara informasi penting dari NASA yang bisa dilihat di Internet antara lain peta tiga dimensi dari bulan, gambar cuaca dan suasana di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

"Kerjasama antara NASA dan Google itu akan segera memberikan kesempatan kepada seluruh warga Amerika untuk ikut terlibat dalam penerbangan virtual di atas permukaan bulan atau melewati lembah-lembah di Planet Mars," kata administrator NASA Michael Griffin dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/12).

"Kombinasi inovatif antara teknologi informasi dan sains ruang angkasa akan menjadikan misi eksplorasi ruang angkasa NASA mudah diakses oleh siapa saja," tambahnya.

Tim dari NASA dan Google belum lama ini membahas soal masalah sains komputer yang dialami kedua lembaga itu dan bagaimana mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

NASA dan Google mengatakan mereka berniat berkolaborasi di sejumlah bidang, termasuk menambah data NASA ke dalam program pemetaan online Google Earth.

Sumber : Media Indonesia (19 Desember 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 3 Januari 2007

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI