komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Komputer Tercepat
-

Tahukah Anda komputer tercepat di dunia? Ternyata bukan BlueGene/L milik IBM. Tapi komputer MDGrape-3 milik Riken, lembaga riset pemerintah Jepang, yang digunakan untuk riset medis.

MDGrape tidak pernah disebut-sebut sebagai komputer tercepat karena sistemnya sangat khusus sehingga program yang biasa dipakai menguji kecepatan tak bisa dijalankan di sini. Berbeda dengan BlueGene, yang dengan senang hati memproses program itu.

MDGrape-3 dirancang untuk membuat simulasi dinamika molekuler. Saat membuat obat baru, perusahaan farmasi menyewa MDGrape-3 untuk menghitung bagaimana tubuh bereaksi terhadap zat kimia tertentu.

Reaksi-reaksi ini bisa dihitung dengan komputer konvensional, tapi butuh beberapa hari. Sedangkan MDGrape-3 cukup beberapa detik.

MDGrape-3 pada dasarnya adalah kumpulan 201 komputer yang masing-masing bekerja dengan 24 keping mikrokomputer buatan Riken yang dibuat khusus untuk perhitungan molekuler. Ratusan komputer itu dikoordinasi ratusan server.

MDGrape-3 harganya US$ 9 juta, butuh empat tahun untuk membuatnya. Meski harganya terlihat mahal, dengan cepat uang itu kembali karena disewa perusahaan-perusahaan farmasi raksasa.

Riken berdiri pada 1917. Awalnya, ini adalah lembaga riset swasta. Sejak tiga tahun silam, lembaga ini berada di bawah Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu, dan Teknologi.

Sejumlah bidang penelitian dijalankan lembaga ini, mulai fisika, kimia, medis, biologi, sampai rekayasa. Baik riset dasar maupun riset terapan dijalankan lembaga ini.

Sumber : Koran Tempo (13 Oktober 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 14 Oktober 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI