komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

IBM Rancang Superkomputer Tercepat
-

Seakan tak rela gelarnya copot beberapa bulan lalu, IBM berencana membuat superkomputer tercepat di dunia.

Juni lalu, gelar superkomputer Blue Gene/L, yang berkecepatan 367 teraflop (10 pangkat 12 kalkulasi per detik/floating-point operations per second, dirampas oleh superkomputer Jepang, MDGrape-3, buatan Riken yang berkecepatan 1 petaflop (10 pangkat 15 atau 1.000 triliun kalkulasi per detik). MDGrape-3 digunakan untuk menganalisis protein dan simulasi molekul.

Komputer baru IBM yang diberi nama Roadrunner itu dapat meluncur dengan kecepatan puncak hingga 1.600 triliun kalkulasi per detik. IBM akan membangunnya di Laboratorium Nasional Los Alamos, milik Departemen Energi Amerika Serikat (DOE), di New Mexico.

Menurut Departemen Energi, komputer itu akan digunakan untuk menjalankan program yang memastikan persediaan senjata nuklir Amerika tetap dalam kondisi aman dan bisa diandalkan. Ia juga dipakai untuk melakukan simulasi yang menunjukkan bagaimana bahan nuklir bekerja, untuk menghindari perdebatan tentang pelaksanaan uji coba nuklir bawah tanah.

Komputer baru ini adalah desain "hibrida" yang menggunakan prosesor konvensional dan cip sel baru yang didesain untuk perangkat game terbaru milik Sony yang belum diluncurkan, PlayStation 3 (PS3).

Tak seperti MDGrape-3, yang hanya menggunakan 4.824 cip, Roadrunner akan terdiri atas 16 ribu prosesor standar yang bekerja bersama 16 ribu prosesor sel, yang digunakan PS3. Roadrunner akan memakan ukuran lantai seluas 12 ribu kaki persegi atau 1.100 meter persegi,

Tiap cip sel terdiri atas delapan prosesor yang dikontrol oleh sebuah unit kepala (master unit) yang dapat memerintahkan setiap anggota unit pemroses. Tiap sel mampu melakukan 256 miliar kalkulasi per detik. Unit-unit pemroses yang berbeda bisa berkomunikasi dengan masing-masing unit yang lain setiap saat. Hal itu sangat vital untuk aplikasi, seperti simulasi cuaca, yang memiliki variabel sangat banyak dan dinamis.

Ini bukan kali pertamanya cip sel konsol PS3 digunakan untuk aplikasi besar. Agustus lalu, ilmuwan dari Stanford University di California juga berencana mendistribusikan sebuah program yang dijalankan melalui konsol para gamer pemilik PS3.

Program yang dinamakan The Folding@home Program itu dilaksanakan untuk mengetahui bentuk protein-protein pada hampir semua fungsi biologis, yang menyebabkan penyakit seperti alzheimer.

Roadrunner akan mulai dikerjakan akhir tahun ini dan diperkirakan akan selesai pada 2008.

Sumber : Tempo Interaktif (11 September 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 14 September 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI