komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Meneliti Alzheimer dengan PlayStation 3
dody

Apa hubungannya antara konsol generasi ke-7 Sony PlayStation 3 (PS3) dan penyakit alzheimer? Ternyata PS3 akan dipakai oleh para ilmuwan untuk memahami penyebab penyakit degeneratif saraf itu.

Sony telah sepakat bekerja sama dengan komunitas ahli biologi Amerika Serikat yang tergabung dalam proyek komputasi terdistribusi yang dinamai folding@home (FAH). Komputasi terdistribusi merupakan sebuah cara untuk memecahkan persoalan yang teramat rumit dengan membagi-bagikannya kepada banyak komputer.

Untuk menyelidiki proses perlipatan protein dan bagaimana proses itu mungkin terkait dengan alzheimer, FAH memakai komputasi terdistribusi ini. Dibutuhkan 10 ribu konsol PS3 yang tersebar di seluruh dunia dan akan menjadi sebuah jaringan. Dengan demikian, sistem dapat melakukan seribu triliun perhitungan per detik. Ini hampir empat kali lebih cepat dari kemampuan superkomputer tercepat di Amerika Serikat, IBM BlueGene/L System, yang mampu menghitung 280,6 triliun kalkulasi per detik.

Pemilik PS3 di seluruh dunia dapat menjadi sukarelawan dengan memberikan kesempatan bagi konsolnya terkait dalam jaringan FAH. Volunter mengunduh sebuah program kecil yang memberikan kemampuan prosesornya selagi tidak digunakan untuk bermain. Pada saat itu, paket-paket kecil data dapat melompat-lompat dari satu konsol ke konsol lainnya sebelum masuk secara otomatis ke komputer pusat FAH.

Komputasi terdistribusi ini telah digunakan ilmuwan untuk melakukan jutaan simulasi penyebaran malaria sehingga dapat mengendalikan penyakit itu. Hal tersebut dipakai juga oleh komunitas astronomi untuk mencari makhluk berkecerdasan di luar angkasa.

Para ilmuwan biologi mengetahui jika protein tidak berlipat secara benar akan muncul penyakit degeneratif, seperti penyakit huntington, parkinson, dan beberapa bentuk kanker. Namun, ilmuwan belum memahami sepenuhnya bagaimana dan mengapa proses yang salah itu bisa terjadi. Karena itu, perlu melakukan simulasi proses perlipatan protein yang kompleks tersebut.

Masalahnya, proses itu begitu cepatnya. satu proses perlipatan di dalam tubuh kita berlangsung sepersepuluh juta detik (10 mikrodetik). Rata-rata personal komputer (PC) saat ini dapat melakukan simulasi sepersatu miliar per detik (satu nanodetik) proses perlipatan dalam satu hari penuh. Artinya, butuh 10 ribu hari untuk menuntaskan satu proses perlipatan protein.

Namun, jika pekerjaan itu dapat dibagi kepada beberapa komputer akan sangat membantu simulasi ini. Sony akan memperlihatkan proses perlipatan sepotong protein pada acara peluncuran PS3 pada November mendatang.

PS3 memiliki prosesor yang sangat bertenaga. Namanya Cell. Diklaim dapat melakukan pemrosesan 10 kali lebih cepat daripada prosesor PC saat ini. Cell mampu membuat 256 miliar perhitungan dalam satu detik. Dalam cip itu terdapat memori berkapasitas 2,5 megabita. Transfer data dari dan ke memori cip hingga 100 gigabita per detik. Satu prosesor Cell mengandung 234 transistor.

Sumber : Koran Tempo (28 Agustus 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 10 September 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI