komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Tim Indonesia Berlaga di Olimpiade Informatika Internasional ke-18
l tjandra

TEMPO Interaktif, Jakarta: Tim ini beranggotakan empat siswa terbaik Indonesia di bidang pemrograman komputer. Mereka adalah Aditya Gunawan (SMA Kanisius Jakarta), Daniel Aris P (SMAK Bilingual IPEKA Puri Jakarta), Derianto Kusuma (SMA Kanisius Jakarta), dan Kevin Tandi (SMA Sutomo 1 Medan).

Para siswa ini terpilih melalui seleksi bertahap dari tingkat sekolah, kabupaten, propinsi dan seleksi nasional yang diikuti 2500 siswa dari seluruh Indonesia. Tim ini telah mengikuti pelatihan intensif selama tiga bulan dan dibina tim pengajar dari Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia.

Kontingen ini dipimpin Suryana Setiawan dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Sebagai deputy leader, Inggriani Liem dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung.

"Kami menargetkan tahun ini dapat meraih emas," kata Fauzan Joko, humas TOKI. "Tujuh tahun lalu kami pernah meraih emas, dan tahun ini mudah-mudahan bisa dapat emas lagi."

Pada penyelenggaraan Olimpiade tahun lalu di Polandia, Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan satu medali perunggu. Medali perak diperoleh Derianto Kusuma dan Andrian Kurniady, sedangkan perunggu diraih Sonny Budiman Sasaka. Derianto yang telah dua kali mengikuti ajang serupa, tahun ini kembali memperkuat tim Indonesia.

Dalam 11 kali keikutsertaan Indonesia dalam kompetisi ini, TOKI berhasil mengumpulkan satu medali emas, tujuh medali perak dan delapan medali perunggu. Satu-satunya medali emas itu diperoleh pada olimpiade di Cape Town, Afrika Selatan pada 1997.

Sumber : Tempo (10 Agustus 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 13 Agustus 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI