komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Superkomputer IBM Pecahkan Rekor Komputasi
Oktoria Yulius Darmawan

Superkomputer milik IBM, berhasil memecahkan rekor dunia untuk kecepatan komputasi komputer.

Superkomputer bernama Blue Gene/L milik National Nuclear Security Administration (NNSA) ini, berhasil mencatat performa kecepatan hingga 207,3 Teraflops. Ini berarti terjadi peningkatan performa dari kecepatan tahun lalu, yang sebesar kurang dari 100 teraflops.

Lalu bagaimana cara mengujinya? Mereka menggunakan sebuah aplikasi yang diberi nama Qbox. Nantinya Qbox ini akan menentukan bagaimana atom bereaksi terhadap ledakan nuklir.

Aplikasi ini digunakan untuk memastikan senjata nuklir negara tersebut, tetap aman dan dapat diandalkan.

Blue Gene/L sendiri dikembangkan melalui sebuah kerjasama dengan Lawrence Livermore National Laboratory, Amerika Serikat dan menghabiskan biaya US$ 100 juta (US$ 1 = Rp 9.402 sumber:detik.com)

Menurut IBM, superkomputer ini nantinya akan sangat penting digunakan untuk meramal suatu penelitian yang kompleks. Biasanya digunakan untuk memprediksi kejadian-kejadian kompleks yang terjadi dimasa depan. Demikian dikutip detikINET dari BetaNews, Senin (26/6/2006).

Sumber : detikInet

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 19 Juli 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI