komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Open Source : Dua Tahun Tanpa Kemajuan Berarti
yun

Penggunaan peranti lunak dari sumber terbuka (open source software/OSS) telah diyakini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan penggunaan peranti lunak berlisensi atau proprietary.

Selain itu penggunaan secara nasional peranti lunak terbuka ini juga didesak oleh adanya ancaman pengenaan sanksi perdagangan oleh pihak AS yaitu United States Trade Representative, yang memasukkan Indonesia dalam Priority Watch List (PWL) sejak tahun 2000.

Meski begitu, sejak pendeklarasian Indonesia Go Open Source dua tahun lalu-tepatnya 30 Juni 2004-hanya satu dari lima pendeklarasi yang melaksanakannya secara progresif. Kementerian Negara Riset dan Teknologi, seperti dinyatakan Menneg Ristek Kusmayanto Kadiman, Kamis (15/6), telah selesai membersihkan peranti lunak ilegal dengan menggunakan peranti lunak berbasis Open Source dan berlisensi yang legal di seluruh lingkungan kementeriannya.

Program IGOS di instansi terkait di Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Komunikasi dan Informasi, Departemen Hukum dan HAM, dan Kementerian Negara PAN, masih tersendat. Penyebabnya, menurut Kemal Priyatman, Kepala Bidang Peranti Lunak Kementerian Ristek, faktor nonteknis: enggan menggunakannya karena khawatir tak dapat bekerja dengan baik dengan program alternatif itu.

Padahal pelaksanaan IGOS, jelas Kusmayanto, akan mengangkat harkat bangsa ini karena menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual dan berpotensi mereduksi anggaran belanja negara.

Menurut Kemal, untuk melakukan migrasi 245 komputer di lingkungan KNRT menggunakan OSS, KNRT mengeluarkan dana sekitar Rp 1 miliar, termasuk untuk pelatihan, sosialisasi, dari fasilitas pendukung. (YUN)

Sumber : Kompas (17 Juni 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Juni 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI