komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Grand Final IT Camp 2006 : Peserta Daerah Tidak Kalah Mahir
gsa

Setelah melewati serangkaian lomba di sepuluh lokasi, 20 regu tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama peserta IT (Information and Technology) Kids Fiesta 2006 akan bertemu dalam grand final yang diberi nama IT Camp 2006 di Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, 19-22 Juni 2006 mendatang.

Mereka akan beradu kemampuan dan kreatifitas membangun desain web bermaterikan lingkungan TSI.

"Selain menilai aspek hasil karya desain web, panitia juga akan menilai perilaku setiap regu, seperti kerja sama tim dan kedisiplinan," kata Penanggung Jawab IT Kids Fiesta dan IT Camp 2006 yang juga Manajer Operasional PT Bangun Satya Wacana (BSW) selaku penyelenggara, Iwan Setiawan Dani, dalam jumpa pers di Gedung Gramedia di Jakarta, Rabu (14/6).

Seluruh peserta yang akan bertanding merupakan para juara beregu (masing-masing regu beranggotakan empat orang) SD (kelas 4-6) dan SMP kategori materi lomba desain web dari 10 lokasi di babak sebelumnya. Kategori TK dengan materi lomba Tangram, kategori SD kelas 1-II materi lomba matching games, dan kategori SD kelas III-IV kategori mahir mengetik sepuluh jari, tidak diikutkan dalam grand final IT Camp 2006.

Menurut Seksi Lomba Ade Suhendar, para peserta dalam grand final akan diberi keleluasaan mendesain web. Panitia tidak akan lagi menyediakan materi gambar atau cerita, seperti dalam babak penyisihan. "Mereka benar-benar mulai dari nol. Bahan akan mereka buat dan cari sendiri," kata dia.

Secara teknis, peserta anak-anak di tingkat SD akan membangun desain web dari basis program power point yang disimpan dalam format web. Sementara, kategori SMP akan membangun desain web berdasarkan program from page.

Selama berada di TSI, seluruh peserta yang masing-masing didampingi satu official akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti pelatihan materi tambahan desain web, jurnalistik, dan penggunaan alat, serta observasi fauna dan flora di TSI. Mereka juga akan berekreasi selain mengerjakan tugas dan lomba.

Menurut Iwan, salah satu misi lomba yang dimulai sejak Maret 2006 lalu itu adalah membentuk citra pendidikan komputer dengan cara menyenangkan. Selain itu, mengenalkan teknologi informasi sejak dini.

Penyelenggaraan IT Kids Fiesta 2006 menurut rencana akan dijadikan agenda tahunan. Untuk tahun ini, lomba menjangkau beberapa kota, masing-masing Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Yogyakarta dan Semarang, Palembang, Lampung, Medan, Surabaya, dan Balikpapan.

"Kami berharap menjangkau semakin banyak kota di luar Jawa. Tahun depan mungkin ada satu kota lagi, mungkin Makassar." Namun belum digagas rencana lomba untuk tingkat SMA.

Panitia sempat terkejut dengan antusiasme peserta, khususnya dari luar Jawa. Bahkan, ketika lomba diadakan di Medan, panitia terpaksa menolak peserta karena keterbatasan waktu dan komputer. Jumlah total peserta dari semua kategori mencapai 8.000 anak. Pada setiap lokasi, lomba dikunjungi 1.500 hingga 2.000 orang. (GSA)

Sumber : Kompas (15 Juni 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 16 Juni 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI