komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Gatot Kaca ke Kompetisi Software Dunia
yun

Tim "Gatot Kaca" yang merancang Sigap!-sebuah peranti lunak yang membantu berolahraga aerobik secara optimal dengan memperdengarkan lagu yang sesuai dengan kondisi denyut jantung berhasil memenangi kompetisi Imagine Cup 2006 Indonesia Software Design.

Dengan demikian, tim yang terdiri dari tiga mahasiswa Jurusan Informatika ITB (Narenda Wicaksono, Wildan Fakhri, dan Hardani Maulana) dan Renaldi Prasetia, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, terpilih sebagai wakil Indonesia untuk mengikuti kompetisi serupa tingkat internasional, yaitu Worldwide Software Design Invitational of Imagine Cup 2006, yang berlangsung di New Delhi, India, Agustus 2006.

Dalam pengumuman pemenang Imagine Cup 2006 Indonesia, yang diselenggarakan Microsoft Indonesia di Jakarta, Rabu (24/5), juara kedua terpilih adalah tim mahasiswa ITB yang dipimpin Arya Ardiyansyah yang merancang Project Runtastic. Adapun dengan karyanya Project MAc (Mobile Acupuncture) tim mahasiswa ITB yang diketuai Felix Gunawan menjadi juara ketiga. Dua finalis lainnya adalah tim-tim mahasiswa ITS. Tim yang dipimpin Aris Kumara yang merancang Personal Food Guide, sedangkan tim yang dipimpin Bambang Ariyanto merancang MediXob.

Lima finalis ini terpilih dari 149 peserta untuk kategori rancangan peranti lunak. Namun, total peserta untuk enam kategori berjumlah 662 tim. "Sementara ini Imagine Cup 2006 Indonesia hanya ditetapkan kategori desain peranti lunak. Sedangkan di tingkat internasional ada enam kategori yang dilombakan. Lima lainnya adalah algoritma, teknologi informasi, proyek hoshimi, film singkat, pendesain antarmuka (interface designer)," ujar Ari Kunwidodo, Wakil Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia.

"Penilaian didasarkan pada inovasi dan keefektifan memecahkan masalah yang ada sesuai dengan tema yang diberikan, dan memiliki dampak luas dan bermakna bagi masyarakat," kata Norman Sasono, salah satu juri. Diharapkan, juara Imagine Cup 2006 dapat berkompetisi dengan peserta mancanegara.

Sumber : Kompas (27 Mei 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 27 Mei 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI