komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Macintosh bagi Ilmuwan : Mampu memproses data kompleks berskala terabyte
Budi Putra

JIKA komputer Macintosh adalah komputer favorit para desainer grafis, komputer Silicon Graphic Prism adalah pilihan menarik bagi desainer sains dan industri.

Selain merupakan produk visual komputer tercanggih, produk yang pekan lalu diluncurkan SGI di Indonesia ini fleksibel karena menggunakan sistem operasi Linux.

Untuk pertama kalinya SGI menyediakan produk ini secara luas untuk publik. Silicon Graphic Prism dipasarkan di Indonesia oleh mitra SGI, PT Sandz.

Dengan mengombinasikan prosesor Intel Itanium, Linux, dan teknologi profesional grafisnya, SGI telah menciptakan sistem yang secara unik diperuntukkan bagi kebutuhan visual tingkat tinggi.

SGI menjadi satu-satunya perusahaan pemasok perangkat keras yang menawarkan produk-produk visual komputer yang berbasis Linux, komponen-komponen komersial, dan akselerator grafik terkemuka dunia dari ATI.

Dr Prasad Medury, General Manager Silicon Graphics untuk wilayah India, Indonesia, Thailand, dan Vietnam, mengungkapkan bahwa kebutuhan visual untuk penemuan sains dan inovasi industri telah meningkat secara drastis.

Pihaknya memahami bahwa para profesional grafik dan ahli teknik bekerja dalam anggaran ketat dan mengharapkan kebebasan dalam memiliki produk sistem terbuka yang sesuai dengan pekerjaan mereka.

"Produk-produk Silicon Graphics dibuat khusus untuk memecahkan masalah ini. Kami sangat yakin bahwa produk revolusioner ini akan mengubah paradigma pasar komputer," ujar Prasad.

Menurut dia, kemajuan visualisasi sangatlah penting di berbagai aplikasi, dan Silicon Graphic Prism didesain untuk mengakomodasi semua itu.

Ia menunjuk contoh, peneliti di universitas dapat bekerja sama dengan peneliti lain di lokasi berbeda, penemu-penemu obat dapat melakukan simulasi perhitungan protein secara interaktif, dan personel unit gawat darurat dapat membuat model-model skenario menanggulangi bencana.

Aplikasi seperti dalam penelitian kanker, penanggulangan bencana, dan analisis perlindungan kendaraan melibatkan data yang sangat banyak. Pada umumnya komoditas sistem grafik harus memecahbelahkan data dalam jumlah yang lebih kecil untuk diproses.

Proses semacam itu memakan waktu dan tidak sempurna. Sebaliknya, Silicon Graphic Prism didesain untuk mampu memproses data kompleks berskala terabyte menjadi satu data berdampingan dalam memori.

Berskala satu hingga 16 pipeline grafik, satu hingga 256 prosesor, Silicon Graphic Prism diciptakan pada struktur fondasi sistem berbagi memori yang disebut SGI NUMAflex. Sistem ini memberikan kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar bagi aplikasi yang membutuhkan aplikasi langsung.

Selain itu, produk-produk sistem visual SGI mencakup perangkat lunak OpenGL untuk pengembangan kebutuhan visualisasi.

SGI menyediakan OpenGL Performer dan OpenGL Volumizer, yang menjanjikan keakuratan tampilan grafik yang fungsional.

Sebagai pintu masuk ke dalam keluarga sistem visualisasi Silicon Graphic Prism, SGP Deskside menjanjikan performa yang berbeda dari berbagai komponen standar dengan biaya kurang dari US$ 8.500.

Dapat dimulai dari skala kecil dan diperbesar sesuai dengan kebutuhan konsumen, inilah sistem komputasi visual yang pas bagi ilmuwan dan desainer industri.

Asisten Berbagai Bidang

    PEMECAH MASALAH
    Beberapa masalah pengguna yang telah ditangani Silicon Graphic Prism:

    • Membuka misteri alam semesta.
    • Mendiagnosis penyakit-penyakit kritis hingga detailnya.
    • Mencapai kualitas enam sigma dengan membuka domain untuk bekerja bersamaan, bukan secara berurutan.
    • Menemukan daerah-daerah ekskavasi minyak yang belum ditemukan.

  • PELACAK DETIAL
    • Mudah mendapat ringkasan mendalam dari sekian banyak data, bahkan data berskala terabyte.
    • Menemukan detail tersembunyi dengan kekuatan tampilan 100 megapiksel.
    • Menghemat waktu tanpa harus memilah-milah data, dengan cepat memvisualisasi miliaran model polygon.
    • Secara sempurna dan independen mengukut komputer, memori, dan grafik.
    • Mudah disatukan dengan komponen-komponen baru.

Sumber : Koran Tempo (29 Juni 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Mei 2006

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI