komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Superkomputer IBM Blue Gene Dukung Riset Meteorologi
mer

Kebutuhan akan komputerisasi yang memadai menunjang pula aspek iklim dan cuaca yang belakangan ini mulai dirasakan manfaatnya. Belum lama ini The National Center for Atmospheric Research (NCAR), bekerja sama dengan Universitas Colorado, telah membeli sebuah superkomputer IBM Blue Gene untuk mensimulasikan fenomena samudera, cuaca dan iklim yang mempengaruhi hasil pertanian, harga minyak bumi yang meningkat dan pemanasan global.

IBM eServer ini, Blue Gene, dapat mencapai puncak performa 5,7 teraflop (TF), dengan sebuah sistem rak yang terisi penuh. Meskipun hanya memakan tempat satu meter persegi, sistem ini dapat memberikan performa 10 kali lipat dari superkomputer lain yang lebih besar. The National Science Foundation, sponsor utama NCAR, menyediakan dana yang dibutuhkan untuk membeli 1024 node komputasi Blue Gene.

"Selama lebih dari lima tahun, IBM dan NCAR telah bekerja sama untuk menerapkan tenaga superkomputer guna mengatasi tantangan terberat yang dihadapi NCAR dalam membuat model iklim. Kami dengan gembira mengumumkan bahwa ini merupakan penambahan terbaru dalam daftar komputasi mereka," papar Suryo Suwignjo, Country Manager System Technology Group, PT IBM Indonesia kepada pers di Jakarta baru-baru ini. "Wawasan yang didapat dari penggunaan sistem Blue Gene akan meningkatkan kecanggihan pembuatan model geofisika dan, berdasarkan umpan balik dari para pengguna, rancang bangun superkomputer IBM di masa mendatang. NCAR memang salah satu pelanggan IBM yang paling berharga."

"Penelitian perubahan iklim adalah bidang yang terkait dengan kebijakan dan membutuhkan komputer yang lebih kuat untuk memproses model-model sistem Bumi," tutur Tim Killeen, direktur, NCAR dalam siaran persnya belum lama ini. "Memperbaiki ramalan cuaca, memprediksi aliran polusi beracun, dan cuaca luar angkasa adalah bidang-bidang lain yang membutuhkan superkomputer yang lebih cepat dan lebih efisien seperti Blue Gene ini agar para ilmuwan AS dapat tetap memelopori penelitian ilmu Bumi."

Sistem Blue Gene yang dimiliki NCAR ini akan mempercepat penelitian mendasar tentang perubahan iklim global, ramalan cuaca, kebakaran hutan, geoturbulence dan bidang-bidang penting lainnya.

Sumber : Sinar Harapan

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 27 Juni 2005

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI