komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

IBM Perkuat Aliansi dengan Linux
tar

International Bussines Machine (IBM), mengaloksikan dana hingga 100 juta dolar AS untuk pengembangan IBM Workplace dan peranti lunak lain yang relevan dengan platform Workplace. Proyek kerjasama ini dimaksudkan untuk memberikan fleksibilitas dan pilihan kepada para pelanggan IBM.

Penggunaan sistem operasi Linux, mulai berkembang pesat dalam dua tahun terakhir ini. Pertumbuhan seperti ini, tentu saja, tak bisa diangap ringan raksasa teknologi informasi seperti IBM. Sinergi antara IBM dan Linux, pada gilirannya akan menimbulkan nilai tambah, baik bagi pengguna, IBM maupun Linux sendiri.

Sekalipun secara teoritik manajemen IBM bakal memetik keuntungan dari kolaborasi tersebut, namun pihak IBM menyatakan bersedia menyediakan dana sampai 100 juta dolar AS sebagai tanggapan atas respons positif atas produk-produk IBM yang dioperasikan dengan sistem operasi berbasis Linux. Peranti-peranti dimaksud antara lain WebSphere Portal, Lotus Notes/Domino, and IBM Workplace.

Manajemen IBM tidak memberikan keterangan secara rinci mengenai berapa tingkat pertumbuhan pengguna produk IBM yang dioperasikan dengan platform Linux. Mereka hanya menyatakan bahwa pada tahun 2004, pertumbuhan sangat tinggi dan mencapai angka dua digit. Karena itulah IBM kemudian menginvestasikan dana hingga 100 juta untuk mendukung pengembangan sistem operasi Linux dan teknologi lain yang terkait dengan portofolio Workplace, untuk tiga tahun mendatang.

Investasi ini akan difokuskan pada program dukungan terhadap vendor software independen, program-program para partner, riset dan developmen, sales dan marketing, serta beberapa teknologi dan pusat integrasi. Peningkatan dukungan terhadap Linux diharapkan mampu memberikan pelanggan untuk mengembangkan solusi end to end Linux, sekaligus memberikan pelanggan variasi pilihan terhadap client yang akan membantu mereka mengelola anggaran belanja dan meningkatkan fleksibilitas dengan adanya dukungan lintas platform.

IBM server-managed client memungkinkan kustomer mengelola secara terpusat dan memanfaatkan aplikasi bisnis dan data-data yang amat beragam sesuai dengan perangkat yang dikehendaki. Baik berupa desktop atau Laptop, termasuk PDA dan ponsel. IBM Workplace Client Technology kompatibel dengan semua sistem operasi--termasuk Linux, telah memberikan variasi atau alternatif pilihan kepada para penggunanya. Termasuk memanfaatkan solusi-solusi lain dari Linux.

"Dengan mempertimbangkan kecenderungan pelanggan untuk meningkatkan nilai Linux untuk desktop mereka, IBM merasa saat inilah waktu yang tepat untuk mengedepankan dukungan penuh terhadap Linux," kata Ambuj Goyal, General Manager Workplace, Portal dan Collaboration Software,IBM.

IBM, kata Gojal, akan membantu pelanggan untuk melakukan optimalisasi utilitas agar diperoleh keuntungan-keuntungan binis dengan memanfaatkan platform Linux. Dalam hal ini, IBM akan menyediakan peranti pendukung yang bisa diaplikasikan pada Linux, sehingga tercapai suatu solusi front end.

Strategi IBM-Linux pada dasarnya adalah sebuah kolaborasi yang juga bertujuan untuk pelanggan Linux. IBM Workplace Service Express, suatu solusi yang dirancang untuk meningkatkan kapabilitas kelompok usaha mikri, kecil dan menengah (UMKM), amat mendukung platform yang dikembangkan Linux.

Software Workplace IBM dibangun seputar software WebSphere Portal berbasis Java, yang mengantarkan aplikasi dan dokumen dari server ke PC dan dari handheld Windows atau Linux. Peranti lunak ini bisa menampilkan informasi dalam browser web yang mempunyai kapabilitas grafik penuh dan bisa digunakan offline.

IBM berharap proyek baru ini bakal menghasilkan pembangunan aplikasi baru dan lebih murah yang menggunakan Linux dan otomatis memberikan pilihan lebih banyak kepada masyarakat. Software Workplace IBM, didesain untuk bersaing dengan Microsoft, sang pemimpin pasar software Office.

Sumber : Republika (28 Februari 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 18 Juni 2005

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI