komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Edsgar Wybe Dijkstra
Indra Hermawan

Edsgar Wybe Dijkstra adalah salah seorang kontributor utama dalam pengembangan ALGOL, sebuah bahasa pemrogaman tingkat tinggi. Dan juga, merupakan salah seorang pengembang dari ilmu dan dari bahasa pemrograman secara umum.

Dijkstra dilahirkan di Rotterdam, Belanda pada tahun 1930. Putera dari ayah seorang kimiawan dan ibu seorang matematikawan. Dia adalah lulusan dari The Gymnasium Erasmianum di Rotterdam, dan mendapatkan gelar dalam bidang matematika dan fisika teori dari universitas Leyden, dan gelar Ph.D. dalam ilmu komputer dari universitas Amsterdam. Dia bekerja sebagai programmer di pusat matematika, Amsterdam pada tahun 1952 sampai denga tahun 1962. Pada tahun 1962 hingga tahun 1984, dia menjadi professor matematika di Universitas Teknik Eindhoven. Dia mengadakan Schlumberger Centennial Chair in Computing Sciences di Universitas Texas pada tahun 1984 sampai dengan tahun 1999, dan mundur dengan menyandang gelar sebagai professor kehormatan pada tahun 1999.

Dijkstra juga mendapatkan beberapa penghargaan seperti ACM Turing Award pada tahun 1972. Sering kali muncul sebagai penerima nobel di bidang komputer, dia merupakan anggota dari akademi seni dan sain Belanda dan anggota dari akademi seni sain Amerika, dan merupakan anggota yang sangat dihormati dalam perkumpulan komputer Inggris. Pada tahun 1974 dia menerima penghargaan AFIPS Harry Goode, pada tahun 1982 menerima penghargaan IEEE Computer Pioneer, dan pada tahun 1989 menerima penghargaan ACM SIGCSE for Outstanding Contributions to Computer Science Education. Pada tahun 2001, Universitas Ekonomi Atena memberinya gelar doktor honorer. Pada tahun 2002, yayasan C&C, Jepang mengenal Dijkstra atas kepeloporannya dalam pendirian dasar yang sentifik bagi software komputer melalui penelitian yang kreatif dalam teori dasar software, teori algoritma, programming terstruktur, dan semaphore.

Dijkstra juga dikenal melalui pandangannya bahwa logika matematika adalah dan harus menjadi dasar dari konstruksi program komputer yang baik, dan juga melalui kontribusinya dalam metodologi matematika. Dia juga yang bertanggung jawab atas ide pembangunan system operasi sebagai proses-proses sekuensial yang secara eksplisit disinkronkan, atas pengembangan formal dari program komputer, dan atas pendirian intelektual dari control yang disiplin dari nondeterminasi. Dia dikenal dari path alogaritmanya yang sangat efisien dan pendek, dan karena telah mendesain compiler algol 60 yang pertama, terkenal sebagai pemimpin penggunaan statement GOTO dalam pemrograman.

Dijkstra meninggal pada tanggal 6 agustus 2002 di rumahnya di Nuenen, Belanda, setelah pertarungannya yang lama dengan kanker.

Referensi

  1. http://www.acm.org/awards/fellows_citations/dijkstra.html
  2. http://www.cs.utexas.edu/users/UTCS/report/1997/dijkstra.html
  3. http://www.cs.utexas.edu/users/EWD/
  4. http://www.cs.utexas.edu/home/news/articles/index2002/ewdobit.html
  5. http://mars.virtual-earth.de/pipermail/cg/2002q3/004458.html
  6. http://www.schoultz.nu/archives/000048.html

Sumber : IlmuKomputer.Com (Juli 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Maret 2005

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI