komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Adam Osborne
Indra Hermawan

Adam Osborne adalah salah seorang pemegang peranan penting dan berpengaruh dalam sejarah awal PC. Adam Osborne dilahirkan di Thailand pada tahun 1939, dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di Tamil Nadu, India selatan, bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Osborne pindah ke Inggris pada usianya yang ke 11, dan pada tahun 1961 lulus dari universitas Birmingham sebagai sarjana muda di bidang teknik kimia. Setelah pindah ke Amerika, dia menyelesaikan pendidikannya di universitas Delaware sebagai Ph.D di bidang teknik kimia, dan cepat mendapatkan pekerjaan di Shell Oil.

Seperti halnya kebanyakan orang yang berpikiran kreatif, Osborne tidak merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sebagai pekerja kecil di dalam perusahaan yang besar. Dia tidak betah berada di Shell. Dia menyadari bahwa dia menikmati penulisan praktis, khususnya tentang komputer baru yang dikembangkan. Pada awal 1970-an, Osborne mendapatkan pekerjaan untuk menulis instruksi bagi mikroprosesor milik Intel.

Osborne meneruskan pekerjaan lepas sebagai penulis praktis, dan pada tahun 1972 mendirikan Osborne and Associates, perusahaan untuk menulis manual yang sederhana dan mudah dibaca bagi komputer. Dia juga menulis sebuah buku yang diberi judul The Value of Power, yang kemudian berubah judulnya menjadi An Introduction to Microcomputers. Saat buku itu ditolak oleh penerbit yang ada, dia memutuskan untuk menerbitkannya sendiri. Dalam klub pengguna komputer, dia memperlihatkan bukunya kepada Bruce Van Natta dari AMSAI, salah satu perusahaan komputer. Setelah menbaca buku tersebut, Van Natta memutuskan untuk menyertakan satu buku pada setiap komputer IMSAI yang dijual. Dengan awal yang menguntungkan ini, dan kepercayaannya bahwa publik lapar akan barang, buku-buku yang dapat dimengerti tentang komputer, Osborne menciptakan perusahaan penerbitannya sendiri.

Lima tahun kemudian, Osborne Books telah menerbitkan lebih dari 40 buku tentang komputer. Pada tahun 1979, Osborne menjual perusahaan penerbitannya kepada McGraw-Hill. Dalam waktu yang sama, Osborne mulai menulis kolom untuk majalah komputer, Interface Age, dan kemudian Infowold. Dia mulai mempercayai bahwa agar komputer dapat benar-benar berguna, komputer harus dapat mobile, mereka harus dapat bergerak bersama orang yang menggunakannya, dan harus dapat digunakan kapan saja dan dimana saja orang itu berada. Dia berpikir bahwa perusahaan komputer yang ada saat itu tidak dapat mengerti konsep ini, atau belum siap untuk konsep ini. Setelah menjual perusahaan penerbitannya. Osborne mengalihkan tenaganya untuk mendesain komputer yang portable, menarik, mudah digunakan dan kuat.

Pada bulan maret 1980, dalam West Coast Computer Faire, Osborne mendekati Lee Felsenstein, yang awalnya telah mendesain papan sirkuit untuk teknologi prosesor, untuk memulai perusahaan hardware yang tidak hanya akan memproduksi komputer yang berkemampuan dan portable, tapi akan menawarkan software bersama-sama dengan komputer tersebut. Mengukuti spesifikasi yang diajukan oleh Osborne, Felsestein mendesain sebuah komputer yang portable, yang akan muat di bawah tempat duduk dalam sebuah pesawat, memiliki berat hanya 24 pound, memiliki display 52 kolom yang akan cukup di dalam layar 5 inchi, memiliki tabung pelindung, dan memiliki 2 disk drive. Agar dapat memenuhi kebutuhan display yang kecil, felsenstein menyimpan informasi satu layar penuh dalam memori, dan memberi para pengguna tombol-tombol yang memungkinkan mereka untuk menggulung layar memori yang tampak pada display.

Begitu hardwarenya terwujud, Osborne menguhubungi beberapa penyedia software dan membuat perjanjian untuk menyediakan bahasa BASIC dan CBASIC, pengolah kata WordStar, dan program pengolah data SuperCalc bersama setiap komputer. Harga pasaran dari sotware-software tersebut sekitar $2000, yang menyebabkan Osborne harus menaikkan harga asli dari setiap unit yang dijual. Osborne memperkenalkan komputer barunya, yang diberi nama Osborne 1, di West Coast Computer Faire pada bulan april 1981. Merupakan komputer portable pertama yang dengan segala softwarenya bisa didapatkan dengan hanya $1795 merupakan gebrakan tiba-tiba dan menjanjikan menuju penjualan yang sukses. Pada bulan September 1981, Osborne Computer Cooporation (OCC) mendapatkan nilai penjualan juta dolar pertamanya. Bahkan, dengan segala kompetisi yang dimulai, Osborne 1 menjadi salah satu PC yang paling banyak terjual, yang dengan cepat mencapai puncak 10.000 unit per bulan.

Tahun kedua penjualan mencapai 70 juta dolar. Para pesaing, seperti IBM dan Apple akhirnya membuat Osborne kewalahan, dan diperparah saat Osborne mengumumkan komputer barunya, executive, lama sebelum barang tersebut siap dipasarkan. Hal ini membuat para konsumen menghentikan pembelian terhadapa Osborne 1, menunggu komputer baru yang akan dikeluarkan. Akhirnya pada bulan September 1983, OCC mengalami kebangkrutan.

Pada musim semi 1984,Osborne kembali kepada bisnis publikasi. Firma barunya, Paperback Software International Ltd, berupaya untuk mempublikasikan software yang murah untuk menyaingi software-software mahal yang sedang ada dipasaran. Saat pertama, konsepnya yang baru menemui kesuksesan dan dia dapat mengambil alih public perusahaan di Inggris. Produk Osborne yang paling sukses adalah proram pengolah data yang diberi nama VP Planner. Sayangnya, Lotus Development Corporation merasa bahwa program tersebut melanggar hak paten dari program mereka, Lotus 1-2-3. Pada tahun 1987, Lotus menuntut Software tersebut, dan menagih biaya atasnya. Setelah melalui banyak proses, pengadilan memutuskan bahwa duplikasi interface menu milik Lotus 1-2-3 dari software tersebut telah melanggar hak paten.

Adam Osborne meninggal di Kodiakanal, India selatan, pada tanggal 25 maret 2003 setelah menderita penyakit yang berkepanjangan pada otaknya.

Referensi

  1. http://naturalscience.com/ns/news/news44.html
  2. http://www.pcchatshow.com/articles/showarticle.php?ArticleID=77
  3. http://www.bricklin.com/adamosborne.htm
  4. http://sanjose.bizjournals.com/sanjose/stories/2003/03/24/daily14.html
  5. http://freepages.genealogy.rootsweb.com/~tlosborne/Osborne/Osbornehistory/Adamosborne/adamosborne.htm
  6. http://dfarq.homeip.net/index.php?p=1219&c=1
  7. http://www.wikipedia.org/wiki/Adam_Osborne
  8. http://www.salon.com/people/rewind/1999/07/17/osborne/print.html

Sumber : IlmuKomputer.Com (Juni 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Maret 2005

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI