komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Prosesor Baru Berkecepatan Cahaya
Rtr/wsn

Sebuah perusahaan Israel telah mengembangkan prosesor yang tidak menggunakan silikon sebagai bahannya, melainkan optik, yang membuatnya mampu melakukan komputasi dengan kecepatan cahaya!

Lenslet, perusahaan pengembangnya, mengatakan prosesor tersebut akan menghadirkan kemampuan baru dalam aplikasi-aplikasi multimedia, komunikasi, bahkan pertahanan dan militer.

"Penggunaan optik pada prosesor ini membuatnya unggul, karena data dapat diproses dengan kecepatan cahaya," ujar Avner Halperin, wakil presiden pengembangan bisnis Lenslet. "Menggunakannya Anda akan memiliki sistem broadcast multimedia kecepatan tinggi, sistem komunikasi lebih maju, sistem militer yang lebih handal, dan negara yang lebih aman."

Prosesor optik adalah sebuah prosesor dengan sinyal digital (DSP atau digital signal processor) dengan akselerator optik yang ditambahkan padanya, sehingga memungkinkannya bekerja dengan kecepatan sangat tinggi.

Menurut pendiri Lenslet, Aviram Sariel, prosesor tersebut mampu melakukan 8 trilyun operasi per detik atau setara dengan sebuah super komputer, dan 1.000 kali lebih cepat dibanding prosesor biasa.

Oleh karena itu prosesor ini direncanakan untuk dipakai pada aplikasi-aplikasi modern seperti radar resolusi tinggi, mesin perang elektronik, kompresi video, mesin peramal cuaca, dan stasiun-stasiun komunikasi.

Prototipe prosesor yang disebut Enlight itu memang terlihat lebih besar dan tebal dibanding prosesor lain. Namun dalam tahap produksi nanti, Lenslet akan memperkecilnya menjadi berukuran 15x15 centimeter dengan tebal 1,7 cm, atau seukuran Palm Pilot.

"Kelak, dalam waktu lima tahun mendatang, kami akan mengusahakannya menjadi seukuran chip-chip yang banyak beredar di pasar," ujar Sariel.

Sumber : Kompas (4 November 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 11 Maret 2005

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI