komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Intel Perkenalkan I-MILE
Redaksi

Jakarta-RoL-- PT Intel Indonesia memperkenalkan program Intel Mobile Initiative for Learning in Education (I-MILE) untuk mendukung adopsi komputasi mobile dan teknologi nirkabel di empat perguruan tinggi di Indonesia.

"Program I-MILE tersebut untuk membantu melengkapi institusi pendidikan di seluruh Indonesia dalam menghadirkan infratsruktur mobile yang memungkinkan para mahasiswa dapat belajar dan mengajar, melakukan riset dan pengaturan kapanpun, dimanapun pada 2006," kata Country Manager PT Intel Indonesia, Budi Wahyu Jati, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, keempat kampus tersebut (Institut Teknologi Bandung, STIKOM Surabaya, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Sultan Agung) akan tergabung dnegan lebih dari 300 universitas di Asia Pasifik yang dipersiapkan untuk mempercepat adopsi komputasi mobile dan teknologi nirkabel.

Ia mengatakan integrasi teknologi komputasi mobile dan nirkabel di perguruan tinggi dapat meningkatkan efisiensi pembiayaan sebesar 30 persen dibandingkan sistem konvensional.

Lebih lanjut ia mengatakan I-MILE dirancang untuk menghilangkan batasan-batasan pada ruang kelas tradisional, mempercepat proses pembelajaran yang kolaboratif kapan pun dan dimana pun melalui implementasi teknologi mobile seperti Local Area Network (LAN) nirkabel dan teknologi Intel Centrino.

Sekretaris PSDI ITB, Armein Z. Langie mengatakan konektivitas nirkabel di kampus telah memperluas akses bagi para mahasiswa, yang disediakan secara gratis untuk meningkatkan pengadopsian di hotspot-hotpost.

Selanjutnya Direktur STIKOM, Haryanto tanuwijaya mengatakan kolaborasi dengan para pemain industri melalui program semacam I-MILE merupakan hal penting untuk menjadikan STIKOMlebih kompetitif.

Sedangkan Jonathan L. Parapak, Wakil Presiden Universitas Pelita Harapan, mengatakan pihaknya telah mendeklarasikan UPH sebagai digital campuss yang mengimplementasikan teknologi nirkabel di dalam lingkungan kampus. ant/abi

Sumber : Jawa Pos (21 Oktober 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 24 Oktober 2004

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI