komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Sabtu, 21 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Berkat IndoTTS, Arry Raih Technopreneur Award
Wicaksono Hidayat

detikcom - Jakarta, Dr. Arry Akhmad Arman sukses mengembangkan piranti text to speech dalam Bahasa Indonesia. Berkat upayanya, ia meraih penghargaan dan kesempatan melanjutkan riset di Jerman.

Sejak tahun lalu Arry melepaskan piranti IndoTTS (Indonesian text to speech) ke Internet. Bukan sekedar mengubah teks ke suara, aplikasi ini mempertimbangkan aspek intonasi khas dari lafal Bahasa Indonesia.

Ternyata, aplikasi hasil mimpi selama 10 tahun ini mendapat sambutan hangat. Terbukti, seperti pengakuan Arry, ada 400 permintaan download untuk memakai IndoTTS dalam berbagai eksperimen.

Upaya Arry rupanya juga diamati oleh lembaga internasional. DAAD (lembaga pertukaran akademis Jerman) dan Fraunhofer menyerahkan 'Technopreneur Award' kepada pengajar Institut Teknologi Bandung ini.

Fraunhofer adalah lembaga yang berada di balik format audio populer mp3. Selain sejumlah uang, Arry mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan penelitiannya di salah satu institusi milik Fraunhofer di Jerman. DAAD menyediakan dana beasiswa untuk penelitian selama empat bulan.

Aplikasi Komersial

Penghargaan Technopreneur diberikan dengan pertimbangan besar pada kemungkinan komersialisasi dan potensi pasar hasil penelitian. "IndoTTS bisa dimanfaatkan sebagai salah satu value added service untuk aplikasi apapun yang memerlukan konversi teks ke ucapan," ujarnya kepada wartawan seusai menerima penghargaan itu di Hotel J.W. Marriot, Senin (09/08/2004).

Menurut Arry ia akan diminta untuk mengintegrasikan temuannya dengan teknologi di Jerman, hasilnya kemungkinan dapat diterapkan secara komersial. Meski demikian, ia mengaku belum memperkirakan bentuk bisnis seperti apa yang akan terjalin kemudian.

Saat ini, selain bahasa indonesia IndoTTS telah dikembangkan untuk membaca teks latin Bahasa Arab. Dalam penelitian yang dikembangkan bersama dua mahasiswinya, Arry berhasil menunjukkan aplikasi teknologi IndoTTS yang lebih luas.

Hal itu adalah salah satu impian Arry. Selain Bahasa Arab, ia berharap bisa mengaplikasikan IndoTTS pada Bahasa Melayu. "Mimpi lainnya, karena semuanya tentu berawal dari mimpi, adalah menggabungkannya dengan piranti penerjemah," Arry menambahkan.

IndoTTS versi pertama disediakan gratis untuk kepentingan non-komersial. Piranti itu dapat diambil melalui situs http://lss.ee.itb.ac.id/~aa/indotts/.(wsh)

Sumber : detikcom

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 30 Agustus 2004

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI