komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Semiloka Teknologi Simulasi dan Komputasi serta Aplikasi 2003
Humas BPPT (BPPT)

Tidak dapat disangkal teknologi simulasi dan komputasi adalah salah satu kunci penunjang kemajuan industri untuk meningkatkan kualitas suatu produk. Akan tetapi hingga dewasa ini belumlah dapat dikatakan bahwa bangsa kita telah menguasai teknologi ini, masih besar ketergantungan kita terhadap produk-produk asing dalam bidang ini. Oleh karena itu perlu penggalakkan kegiatan pada bidang ini, agar kemampuan bangsa dalam bidang teknologi simulasi dan komputasi dapat meningkat. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Elektronika (P3-TIE) telah menyelenggarakan semiloka Teknologi Simulasi dan Komputasi serta Aplikasi pada tanggal 14 Oktober 2003 lalu.

Semiloka yang bertemakan “Simulasi dan Komputasi dalam Industri di Indonesia” ini diselenggarkan dengan maksud agar dapat menjadi sebagai salah satu wadah untuk bertukar informasi antar peneliti dan praktisi industri mengenai kemajuan penelitian dan pengembangan dalam teknologi simulasi dan komputasi serta untuk lebih mendorong penerapan teknologi ini dalam industri di Indonesia, demikian dinyatakan oleh Drs. Sulistyo MS, Direktur P3-TIE dalam sambutan pembukaannya pada acara yang dihadiri oleh sekitar 100 peserta dan undangan ini. Semiloka ini dihadiri oleh praktisi dari industri dan juga pakar yang berkecimpung dalam teknologi simulasi dan komputasi dari kalangan universitas dan lembaga pemerintah serta mahasiswa.

Dr. Richard Mengko (Staf Ahli Menristek Bidang Teknologi Informasi) dalam keynote speech-nya menyampaikan bahwa kegiatan simulasi perlu lebih diperkenalkan ke berbagai pihak di berbagai sektor sebagai suatu langkah dalam kegiatan perancangan. Pembicara lain Dr. Syamsa Ardisasmita (BATAN) dan Dr. Suprajitno Munadi (LEMIGAS) dalam kesempatan bicaranya menyampaikan problema dan tantangan atas teknologi simulasi dan komputasi di industri nuklir dan migas. Dr. Ade Jamal (P3-TIE) selaku pembicara menyampaikan problem bahwa pihak industri terutama di Indonesia masih belum memanfaatkan teknologi simulasi dan komputasi mengingat besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Pembicara dari ITB, Dr. Hermawan K. Dipoyono menyampaikan kemajuan teknik komputasi performansi tinggi yang murah dengan solusi open source seperti penggunaan komputasi klaster. Dalam sesi pembicara tamu ini banyak terjadi diskusi, dengan dimoderatori oleh Dr. Benyamin Kusumoputro (UI). Sebagai penutup moderator menyimpulkan bahwa memang ada gap antara pihak industri dan peneliti, dan mengharapkan agar BPPT dapat lebih berperan untuk menjembatani gap tersebut agar dapat match antara kegiatan peneliti dan industri.

Selain acara pembicara tamu, juga dipamerkan poster dari pemakalah dan poster produk komputasi PC klaster dari P3TIE BPPT. Sesi siang dari semiloka ini diisi dengan kunjungan peserta ke poster-poster dari pemakalah dan presentasi singkat dari pemakalah. Semiloka ditutup dengan pemberian penghargaaan atas poster terbaik pilihan peserta oleh ketua. panitia Dr. Dwi Handoko. (P3TIE)

Sumber : Situs BPPT (21 Oktober 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 31 Mei 2004

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI