komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Kecepatan Komputasi
Redaksi

PERSAINGAN kecepatan komputasi akhirnya mencapai puncaknya ketika American Micro Device memperkenalkan prosesor terbarunya, Athlon64, dan menjadi sebuah fenomena tentang kekuatan prosesor dalam komputer PC yang kita gunakan. Pertanyaannya memang apakah kita membutuhkan prosesor jenis ini?

Prosesor American Micro Device (AMD) dengan 64 bit (bersamaan dengan Apple Computers yang juga memperkenalkan komputer terbarunya, G5) pada komputer desktop bisa jadi terlalu besar dan terlalu cepat untuk pengguna awam. Banyak isu yang perlu disimak untuk mengikuti kemajuan ini, salah satunya adalah sistem operasi (umumnya Windows) yang sekarang ada baru berjalan pada 32 bit.

Sebuah komputer dengan 64 bit sebenarnya tidak berarti akan bekerja dua kali lipat dibandingkan dengan komputer 32 bit. Bandingannya mungkin dengan sebuah kendaraan dengan mesin V8, kita tahu mampu untuk dipacu secepat mungkin. Pada sebuah komputer 64 bit, kecepatan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan komputasi, tetapi juga perangkat lunak, perangkat tambahan (hard disk, VGA card, dan lainnya), bagaimana semua ini terkait satu sama lain.

Salah satu keuntungan dari sebuah prosesor 64 bit adalah jumlah informasi yang bisa diolah tanpa mengalami hambatan sama sekali. Selama ini kita mengenal komputer jenis mainframe dengan prosesor 64 bit untuk digunakan memproses data yang sangat masif, sedangkan komputer berkekuatan 32 bit memiliki hambatan matematis atas data yang bisa dikerjakan secara langsung, yaitu terbatasnya secara absolut memori yang bisa digunakan pada 4 GB.

Memori sebesar 4 GB sekarang ini memang dirasakan sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi, seperti game video, audio, dan mengedit video. Namun, bersamaan dengan makin canggih dan rumitnya berbagai aplikasi serta semakin murahnya memori, banyak yang ingin kita tambahkan pada komputer PC yang kita gunakan sekarang ini.

PADA komputer 64 bit, memori yang bisa digunakan pada komputer PC bisa mencapai 17 miliar GB. Persoalannya, untuk menggunakan teknologi 64 bit ini diperlukan beberapa aplikasi tambahan, supaya prosesor Athlon64 ini bisa bicara dengan antarmuka grafik dan hard disk.

Karena tidak tersedianya berbasis aplikasi dan sistem operasi yang bekerja pada 64 bit, pihak AMD memang menyediakan fitur backward compatible untuk bisa digunakan dengan aplikasi yang sekarang ada di pasaran sampai tersedianya aplikasi 64 bit. Kalau mau efisien, sekarang ini kemungkinan yang tersedia adalah menggunakan sistem operasi dan aplikasi Linux atau beberapa aplikasi Unix yang mendukung 64 bit.

Sekarang ini, komputer PC yang kita gunakan memang masih memadai untuk menjalankan berbagai kebutuhan komputasi sehari-hari. Tapi, lambat laun, kebutuhan ini pun akan mencapai batasnya dengan semakin berkembangnya kebutuhan komputasi, misalnya foto dan video digital.

Oleh karena, bagaimana pun komputasi 32 bit tidak bisa lagi dipercepat sehingga langkah logis selanjutnya memang menggunakan 64 bit. Para pengguna komputer Apple sekarang sudah bisa menikmati kemampuan 64 bit dengan sistem operasi dan aplikasi perangkat lunak yang mendukung. Menggunakan 64 bit pada komputer PC sekarang ibarat mengendarai mobil balap, tetapi pada persneling satu.

Sumber : Kompas (3 November 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 26 Maret 2004

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI