komput@si lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5317 Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

IBM Mendekatkan Sistem TI dengan Kebutuhan Bisnis
Redaksi

SWARANET - IBM hari ini mengumumkan fungsi-fungsi baru padaperangkat lunak pengelolaan sistem Tivoli, termasuk kemampuan "otonomis"pengelolaan diri dan pengintegrasian dengan produk-produk pihak ketiga yangdirancang untuk membantu perusahaan-perusahaan mempererat kaitan antara TIdengan kebutuhan bisnis. Perangkat lunak IBM Tivoli Autonomic Monitoring Engine yang baru dirancanguntuk dapat mengurangi kerumitan yang terdapat pada lingkungan-lingkunganheterogenus dan terintegrasi, serta meningkatkan pengalaman pengguna akhir.

Perangkat lunak baru ini memungkinkan para pengembang dan ISV untukmenanamkan kemampuan-kemampuan otonomis dalam aplikasi-aplikasi mereka,sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya pengembangan. Tivoli AutonomicMonitoring Engine ini memiliki teknologi penyembuhan diri yang memungkinkansistem untuk secara otomatis pulih dari kondisi-kondisi genting.

Produk inijuga dirancang untuk mendeteksi kerusakan sumber daya dan danmasalah-masalah potensial sebelum mempengaruhi performa sistem ataupengalaman pengguna akhir.IBM sedang membuat sebuah software developer kit (SDK) untuk para ISV agarmereka dapat secepatnya menggunakan Tivoli Autonomic Monitoring Engineuntuk menghubungkan produk-produk mereka dengan IBM Tivoli Monitoring danproduk-produk otonomis IBM lainnya di bulan-bulan mendatang.Beberapa ISV bahkan sudah mencari cara untuk memanfaatkan Tivoli AutonomicMonitoring Engine dalam aplikasi-aplikasi mereka, termasuk Alexander LAN,Inc., pembuat perangkat lunak untuk mencegah dan meresolusikan crash padasistem; Emageon, penyedia solusi kelas enterprise untuk pencitraan medis;Retek, sebuah penyedia perangkat lunak ritel; dan TripWire, sebuah penyediasolusi kepastian integrasi data."Mitra-mitra bisnis kami memainkan peran penting dalam membantu kamimenghantarkan teknologi pengelolaan sistem on-demand yang mengaitkanpenguna, sumber daya TI dan proses bisnis," papar Julia Wijaya, TivoliProduct Manager, IBM Indonesia. "Secara bersama-sama, kami dapat membantuperusahaan-perusahaan untuk beranjak dari sebuah lingkungan reaktif kesebuah lingkungan proaktif dengan lebih mengotomatisasikan fungsi-sungsipengelolaan sistem inti."

Tivoli Autonomic Computing Engine adalah bagian dari cetak biru komputasiotonomis IBM yang baru-baru ini diumumkan, untuk membantu pelanggan sewaktumereka mulai membangun sistem-sistem komputasi otonomis. Cetak biru inimenawarkan suatu cara untuk menggabungkan teknologi-teknologi dari berbagaipemasok yang berbeda dan memfasilitasikan sebuah proses terbuka untukmengotomatisasikan pengelolaan sistem-sistem informasi yang rumit.Sebagai contoh, dengan menggunakan perangkat lunak IBM Tivoli AutonomicMonitoring Engine yang baru, sebuah ISV dapat mendesain sebuah aplikasiuntuk peritel online. Aplikasi ini secara otomatis mengalokasikan sumber daya yang ada sesuai dengan prioritas yang ditetapkan pengguna. Hal iniakan manjamin bahwa jika sumber daya sedang menipis atau sedang menanggungbeban berat, kebutuhan para pengguna utama akan tetap terpenuhi, sementarapara pengguna lainnya harus mengantri sampai sumber daya sistem dapatdipulihkan.

"Secara nyata, Tivoli memberikan manfaat yang sangat menarik bagi ISV mitranya dengan pemonitoran sistem," jelas John Gray, CTO, Retek. "Kamitelah mulai memperhatikan teknologi ini secara lebih seksama dengan harapanakan dapat melengkapi aplikasi kami dengan teknologi ini. Dengan demikian,kami dapat menyediakan sebuah unsur pengelolaan diri aplikasi dalam solusi-solusi pelanggan kami.."Otomatisasi Pengelolaan IdentitasIBM juga memperluas ekosistem kemitraannya yang berkembang pesat, yangmendukung perangkat lunak pengelolaan identitas IBM.

Melaluipengintegrasian yang luas dengan penyedia perangkat lunak dan perangkatkeras pihak ketiga, IBM mempermudah upaya untuk memperluas pengelolaanidentitas agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna yang berinteraksidengan organisasi-organisasi.IBM menyediakan dukungan baru dalam IBM Tivoli Access Manager untuksembilan produk e-business pihak ketiga, sehingga dapat meningkatkanpengalaman pengguna akhir dan memperketat keamanan. Melalui pengintegrasiansiap pakai ini, palanggan akan memperoleh kemampuan untuk secara cepatmenyebarkan pengelolaan akses dan single sign-on ke dalam sistem-sistemyang ada, sehingga dapat mengurangi pengintegrasian terkostumisasi danbiaya pengembangan.Integrasi-integrasi yang baru tersebut meliputi Blockade ESConnect, Cash-UPecanEntertainment Platform, perangkat lunak Kintana, modul keamanan perangkatkeras nForce milik nCipher, OpenConnect Systems WebConnect dengan SingleSign-On,RockSteady RockSteadyNSA, Sena Systems PortalPass, Verity K2 Enterprise danWinCom Systems Platform.Pengintegrasian dan Penyempurnaan Produk Lainnya:Ÿ

Dukungan baru dalam IBM Tivoli Configuration Manager untuk dua vendorperangkat lunak penginstal aplikasi yang terkemuka. Pengintegrasian denganPackage Studio milik Wise Solutions dan AdminStudio milik InstallShield,IBM dapat mengotomatisasikan proses penginstalan dan pendistribusianperangkat lunak ke seluruh bagian perusahaan untuk aplikasi komersialapapun dengan menggunakan Tivoli Configuration Manager.Ÿ IBM Tivoli Configuration Manager untuk ATM yang mengurangi biayadukungan dan meningkatkan layanan ATM dengan membuat kegiatan upgradeperawatan dan pemonitoran aplikasi menjadi lebih sederhana dan terpusat.

Produk ini memonitor semua komponen lingkungan tersebut, termasuk yangkhusus untuk ATM.Ÿ Sebuah kesepakatan dengan NCR Corporation, pemanufaktur mesin ATMterbesar di dunia, untuk mengintegrasikan produk-produk perangkat lunakAPTRA miliknya dengan IBM Tivoli Configuration Manager untuk ATM, sehinggamemungkinkan pendistribusian perangkat lunak dan pengelolaan inventarisasisemua perangkat lunak dan perangkat keras yang berjalan dalam sebuahjaringan swalayan dari jarak jauh.Ÿ IBM Tivoli Enterprise Console 3.9, termasuk sebuah konsol Web yangmenyediakan remote access anywhere dan tidak membutuhkan penginstalan atauperawatan pada titik akhir. Produk ini juga memiliki kemampuan pencariandan diagnosa masalah secara otomatis untuk memingkatkan daya tanggap danefisiensi operator, serta aturan-aturan yang telah ditetapkan sebelumnyaguna menyediakan suatu pengelolaan praktek terbaik yang siap pakai.Ÿ IBM Tivoli Remote Control 3.8, yang memberikan dukungan terhadapsemua firewall, termasuk enhanced central logging dan enkripsi aliran datapenuh.Ÿ Kemampuan pengelolaan diri tambahan untuk tiga produk pengelolaanpenyimpanan IBM Tivoli: IBM Tivoli Storage Area Network Manager v1.2, IBMTivoli Storage Resource Manager v1.2, dan IBM Tivoli Storage Manager 5.2.Mengenai Perangkat Lunak IBM TivoliPerangkat lunak IBM Tivoli memungkinkan sebuah organiasi TI untukmengurangi biaya kepemilikan total (TCO) dan meningkatkan layananinfrastruktur TI.

Perangkat lunak pengelolaan sistem Tivoli membantuperusahaan-perusahaan tradisional dan e-business di seluruh dunia untukmengelola keamanan, penyimpanan, performa dan ketersediaan, serta konfigurasi dan operasi. Didukung oleh layanan, dukungan dan riset IBM yang berkelas dunia, perangkat lunak Tivoli adalah salah satu dari lima merk IBM Software Group yang utama: DB2, Lotus, Rational, Tivoli dan WebSphere.Untuk informasi lainnya, kunjungi HYPERLINK "http://www.ibm.com/tivoli.

Sumber : Swara (12 Juni 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 23 Maret 2004

 

PERHATIAN : komput@si berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 1 Maret 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI